PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM STRIP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DALAM MENULIS CERPEN

Sakaria Sakaria(1*), Yunidia Yunidia(2),

(1) Scopus ID: 57255510700, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.30593

Abstract


Pengaruh Penggunaan Media Film Strip Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Menulis Cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran film strip terhadap keterampilan berpikir kreatif dalam menulis cerpen siswa.  Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan desain praeksperimental dengan tipe satu grup pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 3 Makassar, untuk sampel dalam penelitian ini menggunakan kelas IX.2 yang berjumlah 35 orang siswa. Data hasil penelitian yang diberikan melalui pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest sebesar 56,8 dan nilai rata-rata posttest sebesar 78,0. Kemudian teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan inferensial menggunakan program IBM SPSS Versi 23. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh perbandingan nilai t hitung dan t tabel adalah 29,499 > 1,691. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan media film strip berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif dalam menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 3 Makassar.

Keywords


Film strip, berpikir kreatif, menulis cerpen

Full Text:

PDF

References


Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh penggunaan media film animasi terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250-262

Indrawati, I. (2014). Penerapanmedia Film Strip dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Cerita Murid Kelas III SDN 174 Sukadamai Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Jurnal konfiks, 1(1), 15-29.

Nada, I., dkk (2018). Penerapan Model Open Ended Problems Berbantuan Cd Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SD 1 golantepus. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 216-227.

Nugraheni, Eka Oktaviana Dewi. (2017). "Penggunaan Media Film Strip dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah pada Siswa Kelas XII IPS 2 SMAN 3 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.

Suripah, S., & Sthephani, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Akar Pangkat Persamaan Kompleks Berdasarkan Tingkat Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan Matematika, 12 (2), 149-16

Siswono, Tatag. Y. E. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 11-26)

Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2019). Analisis Kemampuan Kognitif Dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berpendekatan Stem. J-Pek (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(1), 18-30.

Ulandari, dkk. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227-237.

Widyaningrum, Heny K., & Rahmanumeta, F. M. (2016). Pentingnya Strategi Pembelajaran Inovatif Dalam Menghadapi Kreativitas Siswa Di Masa Depan. In Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education) (pp. 268-277).


Article Metrics

Abstract view : 162 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: progresif@unm.ac.id 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License