PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK REAKSI REDOKS DAN ELEKTROKIMIA

Nini Ahdiani(1*), Muh. Iswal Burhan(2),

(1) SMAS Muhammadiyah Bulukumba
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i1.30564

Abstract


Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk  meningkatkan hasil belajar kimia Kelas XII SMAS Muhammadiyah Bulukumba. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Kimia melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas XII SMAS Muhammadiyah Bulukumba sebanyak 15 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan metode yang digunakan diskusi dengan pendekatan saintifik-TPACK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan evaluasi di akhir pembelajaran di setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1).  Pada sikus I nilai rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 66 dengan ketuntasan mencapai 60% , nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 76 dengan ketuntasan mencapai 86,67%, dan pada siklus III nilai rata rata mencapai paling tertinggi yaitu 88 dan ketuntasan mencapai 100%. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar kimia  materi pokok reaksi redoks dan elektrokimia.

Keywords


Hasil Belajar, Problem Based Learning, Reaksi Redoks dan Elektrokimia

Full Text:

PDF

References


Deporter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S. (2010). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Kaifa.

Hanafiah, N., & Suhana, C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Muslich, M. (2007). KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Kontekstual, Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah, Dan Pengawas Sekolah. Bumi Aksara.

Nurhayati, A. H. (2014). Psikologi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta Cv.

Rahayu, S. (2017). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Integrasi ICT Dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA IX, 1–14.

Sardiman, A. M. (2020). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset Dan Praktik. Bandung: Nusa Media, 236.

Tiro, A. M. (2004). Pengenalan Biostatistika. Makassar: Andira Publisher.

Wiriaatmadja, R. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas PT Remaja Rosdakarya. Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 436 times | PDF view : 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License