PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA KONFIGURASI ELEKTRON

Siti Mustatiroh(1*), Army Auliah(2), Agustinawati Agustinawati(3),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan Sore 1 Ponorogo
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30456

Abstract


Upaya untuk meningkatkan hasil belajar Kimia salah satunya adalah dengan penerapan model Pembelajaran Prblem Based Learning ( PBL) .Untuk mengetahui hasil belajar kimia dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model Pembelajaran Problem Based Learning. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TBSM SMK Sore 1 Ponorogo sebanyak 15 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan sebanyak 3 (tiga) siklus. KKM untuk mata pelajaran Kimia bagi peserta didik adalah 70. Metode yang digunakan adalah diskusi dan dengan pendekatan Saintifik-TPACK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan evaluasi diakhir pembelajaran di setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa dengan penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasi belajar peserta didik. Pada siklus I nilai rata-rata 65 dengan ketuntasan 40%, nilai rata-rata pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 76 dengan ketuntasan 73% dan pada siklus III nilai rata-rata mencapai 84 dan ketuntasan mencapai 100%.


Keywords


Hasil Belajar, Problem Based Learning, Konfigurasi Elektron

Full Text:

PDF

References


Duch, Groh, & Allen. (2021, January 10). Center For Innovation in Teaching & Learning [Personal]. Teaching & Learning. Https://Citl.Illinois.Edu/Citl-101/Teaching-Learning/Resources/Teaching-Strategies/Problem-Based-Learning-(Pbl)

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74.

Nur’aini, D. (2013). Peningkatan Motivasi Siwa Menggunakan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Ipa Kelas Vb Sd Negeri Tambakrejo Kabupaten Purworejo [Skripsi]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurkancana, W., & Sunartana, P. P. N. (1990). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Rosmaini, S., & Novita, N. Y. (N.D.). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Giving Question and Getting Answer (Gqga) Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Vii. C Mts Hasanah Pekanbaru Tahun Ajaran 2011/2012. Biogenesis, 9(1), 10–20.

Suharwoto, G. (2021, January 10). Solusi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Pustekkom. Https://Www.Wantiknas.Go.Id.

Suja, I. W. (2019). Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran. Lembaga Pengembangan Pembelajaran Dan Penjaminan Mutu (Lpppm) Universitas Pendidikan Ganesha, 1–9.


Article Metrics

Abstract view : 374 times | PDF view : 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License