PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI
(1) Sekolah Menengah Atas Negei 2 Tambang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30453
Abstract
Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar kimia materi laju reaksi kelas XI. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi Laju Reaksi melalui model PBL. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Tambang sebanyak 18 siswa. Metode yang digunakan diskusi dan dengan pendekatan Steam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan evaluasi di akhir pembelajaran. Hasil yang diperoleh menunjukkkan bahwa rata- rata hasil belajar peserta didik XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Tambang materi laju reaksi pada masing–masing siklus antara lain pada akhir siklus I nilai rata-rata 75 dengan ketuntasan mencapai 67%, nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 86 dengan ketuntasan mencapai 83%, dan pada siklus III nilai rata-rata tertinggi yaitu 92 dan ketuntasan mencapai 100%. Model PBL dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Laju Reaksi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353–361.
Ariyanti, P., Martini, K. S., & Setyowati, W. A. E. (2015). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Dengan Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Pada Materi Stoikiometri Di SMA N 2 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(3), 1–9.
Farhana, H., & Awiria, A. (2019). Penelitian tindakan kelas.
Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1).
Maryati, I. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pola bilangan di kelas vii sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74.
Mulatsih, B. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XI MIPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif STAD. Jurnal Ideguru, 4(2), 1–9.
Ramadhana, S. D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring Dengan Model PjBL-STEAM Pada Materi Lingkungan Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan. UIN Walisongo Semarang.
Sulfemi, W. B. (2019). Kemampuan pedagogik guru.
Article Metrics
Abstract view : 214 times | PDF view : 92 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:
Published by:
Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513
Email: [email protected]
PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License