PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK

Asih Wulandari(1*), Syafiuddin Parenrengi(2), Iskandar Linta Tune(3),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Langsa
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30424

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran C2.1 Dasar Dasar Budidaya Perairan Kelas X di SMKN 4 Langsa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan jenis rancangan yang menjelaskan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) pada siswa. Subjek penelitian merupakan siswa kelas X ABP Program Keahlian Perikanan, dengan jumlah 6 siswa. Pengambilan data dengan Teknik pengumpulan melalui observasi, tes pada siswa, dan dokumentasi kegiatan penelitian. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 (tiga) siklus. Kriteria keberhasilan dalam penelitian yang diharapkan untuk motivasi belajar siswa adalah siswa terlibat secara aktif pada saat proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa melalui pendekatan saintifik dan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) telah meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran C2.1 Dasar Dasar Budidaya Perairan Kelas X di SMKN 4 Langsa. Setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siklus I, siklus II, dan pada siklus III, sehingga pembelajaran lebih bermakna. Minat siswa  semakin meningkat yang dapat dilihat dari semangat untuk hadir ke sekolah,  hasil tes kognitif telah menunjukan sebagian siswa dalam mencapai nilai dengan kualifikasi/ kategori “baik/ sangat baik”.


Keywords


Problem Based Learning, Saintifik, minat Belajar, Dasar Dasar Budidaya Perairan.

Full Text:

PDF

References


A.M, S. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Kodir, A. (2011). Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rusman, D. K., & Rivana, C. (2011). Pembelajaran berbasis teknologi dan informasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Soedijarto. (1991). Mencari Strategi Pengembangan. PT. Grasindo.

Tan, O.-S. (2021). Problem-based learning innovation: Using problems to power learning in the 21st century. Gale Cengage Learning.


Article Metrics

Abstract view : 186 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License