PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Rosa Fitriana(1*), Army Auliah(2), Agustinawati Agustinawati(3),

(1) Sekolah Menengah Atas Negeri 2 OKU
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i1.30355

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII IPA 1 dengan penerapan model pembelajaran problem base learning di SMA Negeri 2 OKU. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan maodel pembelajaran problem base learning di kelas XII IPA 1 pada materi sel volta dan korosi. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana subyek penelitian adalah peserta didik kelas XII IPA 1 SMA Negeri 2 OKU semester ganjil berjumlah 15 orang. Pengambilan data dilakukan dengan data tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif dimana persentase ketuntasan masing-masing siklus adalah 60%, 73,4% dan 86,7%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem base learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. 


Keywords


Problem Base Learning, Hasil Belajar, Peserta didik

Full Text:

PDF

References


Chang, R. (2004). Kimia Dasar: Konsep-konsep Inti (Jilid 1, Edisi 3). Jakarta: Erlangga.

Herlina, H. (2020). Penerapan Problem Based learning Untuk Meningkatkan hasil Belajar Kimia Pada Materi Hidrokarbon. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 7–13.

Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1–7.

Lang, H. R., & Evans, D. N. (2006). Models, strategies, and methods for effective teaching. Allyn & Bacon.

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48–55.

Mutia, R., Adlim, A., & Halim, A. (2017). Pengembangan video pembelajaran IPA pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 108–114.

Mutiara, M., Suharman, A., & Hidayat, I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Pelajaran Kimia di Kelas XI MIA 3 SMAN 1 Indralaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 3(2), 179–185.

Purba, M. (2006). Kimia SMA Kelas XI. Erlangga.

Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. (2012). Learning 21st-century skills requires 21st-century teaching. Phi Delta Kappan, 94(2), 8–13.

Saebani, B. A., & Nurjaman, K. (2013). Manajemen Penelitian.

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Google Scholar Alfabeta.

SUSWATI, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127–136.

Tan, O.-S. (2021). Problem-based learning innovation: Using problems to power learning in the 21st century. Gale Cengage Learning.

Wiriaatmadja, R. (2005). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 3(3.20), 3–40.

Wulandari, W., Liliasari, L., & Supriyanti, F. T. (2011). Problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan penyangga. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(2), 116–121.

Yudhistira, D. (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang Apik. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Zakiyah, H., & Ulfa, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Lantanida Journal, 5(2), 106–118.


Article Metrics

Abstract view : 187 times | PDF view : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License