PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA ELEKTROLISIS

Noor Hasanah(1*),

(1) Sekolah Menengah Atas Swasta PGRI Pelaihari
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30313

Abstract


Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah ditemukannya nilai kimia peserta didik kelas XII MIPA SMAS PGRI Pelaihari semester ganjil Tahun 2020 pada materi Elektrolisis masih rendah (di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum). Hal ini dikarenakan peserta didik sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru dengan menggunakan metode ceramah dan tidak melibatkan aktivitas peserta didik. Penerapan  model pembelajaran Problem Based Learning  pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Kimia Elektrolisis. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA SMAS PGRI Pelaihari sebanyak 30 peserta didik. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan sebanyak 3 (tiga) siklus. Kriteria Ketuntasan Minimal untuk mata pelajaran Kimia bagi peserta didik adalah 75. Metode yang digunakan adalah praktikum dengan pendekatan STEAM. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan evaluasi di akhir pembelajaran di setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus I nilai rata-rata 56 dengan ketuntasan 46%, nilai rata-rata pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 76 dengan ketuntasan 66% , dan pada siklus III nilai rata-rata mencapai 90 dan ketuntasan mencapai 100%.

Based on the writer teaching experience in SMAS PGRI Pelaihari the writer found some problems dealing with subject electrolysis by low value of the Minimum Completeness Criteria on the first semester in 2020. This is caused by the teaching method using lecture method and does not involve students in learning. The completion of the Problem Based Learning model is an effort by teachers to improve the learning outcomes of chemistry subjects learners. This research is a classroom action study that aims to improve learning outcomes in Reaction Rate Chemistry subjects through the Problem Based Learning Model. The subjects of this study were students of class XII MIPA SMAS PGRI Pelaihari as many as 30 students. The implementation of this study divided by 3 (three) cycles. Minimum Completeness Criteria for chemistry subjects for learners is 75. The practical work method with STEAM approach. Data collections is conducted using observation and evaluation techniques at the end of each cycle. The results of this study show that with the application of Problem Based Learning Model can increase the subjects learners. In cycle I the average value of 56 with a completion of 46%, the average value in cycle II increased to 76 with a completion of 66% and in cycle III the average value reached 90 and the completion reached 100%.


Keywords


Hasil Belajar, elektrolisis, Problem Based Learning.

Full Text:

PDF

References


Ratnaningsih, N. (2003). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Matematik Siswa SMU melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Bandung: UPI.

Rusdi, H. (2021). Penggunaan Mobile Learning Berbasis Cooperative Learning Model Team Games Tournament untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru di MTSN 2 Maros. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 351–359.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Zubaidah, S. (2019). STEAM (science, technology, engineering, arts, and mathematics): Pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September, 1–18.


Article Metrics

Abstract view : 89 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License