UPAYA MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI HIDROKARBON MELALUI MODEL PBL
(1) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Bengkulu
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i1.30291
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas X Pemasaran 1 SMKN 1 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan dalam tiga siklus, pada siklus I (Luring), siklus II (Daring), dan siklus III (Luring). Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes formatif hasil siklus. Rata – rata hasil belajar peserta didik sebelum dilakukan kegiatan pembelajaran PBL adalah 65 (30%), rata – rata tes formatif pada siklus I adalah 75 (58,82%), rata – rata tes formatif siklus II yang mencapai nilai 75 (29,42%) dan rata – rata tes formatif siklus III adalah 80 (88,23%). Rata –rata keaktivan peserta didik sebelum kegiatan PBL adalah 40,02%, rata – rata keaktivan siklus I adalah 68,9%, rata – rata nilai keaktifan pada siklus II adalah 49,42% dan rata – rata keaktivan siklus III 81,87%. Pembelajaran secara daring menjadi kendala dalam penelitian ini, karena guru kurang maksimal dalam membimbing jalannya diskusi kelompok kecil. Model pembelajaran berbasis masalah secara daring dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyati, P., Sukrawarpala, I. W., & Santyasa, I. W. (2021). Problem Based E-Learning Dalam Pembelajaran Kimia Di Sma. Kwangsan, 9(1), 347040.
Herlina, H. (2020). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Hidrokarbon. Pendipa Journal Of Science Education, 4(3), 7–13.
Koehler, M., & Mishra, P. (2009). What Is Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack)? Contemporary Issues In Technology And Teacher Education, 9(1), 60–70.
Muhson, A. (2009). Peningkatan Minat Belajar Dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem-Based Learning. Jurnal Kependidikan, 39(2).
Sumiati, S. (2018). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Kimia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 3(1), 85–92.
Article Metrics
Abstract view : 118 times | PDF view : 37 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:
Published by:
Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513
Email: [email protected]
PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License