PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA

Elva Anggun Pratiwi(1*), Zulhaji Zulhaji(2), Abdul Hajar(3),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Simpang Empat
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30263

Abstract


Membuat suasana pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan pada saat Kegiatan Belajar Mengajar berlangsung tentunya tidak mudah. Harapan yang baik timbul di saat seorang guru menggunakan model pembelajaran tertentu pada saat proses Kegiatan Belajar Mengajar dimana guru dapat membangun keaktifan, keceriaan dan semangat belajar siswa dalam berfikir, bertanya, bertindak, dan bersosialisasi di kelas sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan, dan hasil belajar siswa terhadap materi Pemeriksaan penyakit pada sistem kardiovaskular di SMKN 2 Simpang Empat Tanah Bumbu melalui model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas deskriptif komparatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Asisten Keperawatan B berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes (ulangan). Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian antara siklus I dengan siklus II, yang mana prosentase awal sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning prosentase siswa dalam mencapai KKM adalah 42,42%, setelah menerapkan model pada siklus I menjadi 63,63%, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 87, 87%. Berdasarkan hasil observasi keaktifan siswa diperoleh adanya peningkatan dalam aktivitas listening, visual, writing, drawing, motor, mental, dan emotional. Ditunjukkan bahwa siswa mulai memberikan respon yang positif terhadap pelajaran yang diikutinya.


Keywords


Model PBL, Keaktifan, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Amri, S., & Ahmadi, I. K. (2010). Proses pembelajaran kreatif dan inovatif dalam kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, S. (2009). Pendidikan Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Kosasih, E. (2014). Strategi belajar dan pembelajaran implementasi kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya, 170.

Nanda. (2007). Diagnosa Keperawatan (Terjemahan). FK UGM.

Rusmono, U., & Pd, M. (2012). Strategi pembelajaran dengan problem-based learning itu perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 70 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License