PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN KIMIA

Erviani Rahmawati Kurnia(1*), Netti Herawati(2), Makmur Makmur(3),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul Huda II Jatinagara
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Takalar Sulawesi Selatan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i1.30229

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Kimia melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kelas X DKV 1 di SMK Miftahul Huda II Jatinagara.  Penelitian yang dilakukan berupa penelitian tindakan kelas dengan model yang dibuat oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X DKV 1 dengan jumlah 15 peserta didik. Tindakan yang diberikan pada penelitian ini dilakukan melalui tiga siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Teknik observasi dan dokumentasi digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini, sedangkan teknis analisis deskriptif kualitatif digunakan dalam menganalisis data yang telah terkumpul. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan peserta didik kelas X DKV 1 SMK Miftahul Huda II Jatinagara mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning pada saat pembelajaran Kimia. Pada siklus I, rata-rata persentasi keaktifan belajar peserta didik yaitu 63,61%. Pada siklus II, rata-rata persentasi keaktifan belajar peserta didik yaitu 82,74%. Sedangkan pada siklus III, rata-rata persentase keaktifan belajar peserta didik yaitu 90,48%.


Keywords


Kimia, Keaktifan Peserta Didik,, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Pt. Bumi Aksara).

Nurkancana, W., & Sunartana, P. P. N. (1990). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Richard, A. (2008). Learning Toteach. Penerjemah: Helly Prajitno & Sri Mulyani. New York: Mcgraw Hill Company.

Rusman, M. P., & Pd, M. (2011). Seri Manajemen Sekolah Bermutu: Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta Utara: Pt Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.

Sardiman, A. M. (2020). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar.

Siregar, E., & Nara, H. (2010). Teori Belajar Dan Pembelajaran.

Sudarman, S. (2007). Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. [Problem Based Learning: A Learning Model for Developing and Improving Problem Solving Skills]. Jurnal Pendidikan Inovatif, 2(2), 68–73.


Article Metrics

Abstract view : 374 times | PDF view : 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License