PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA
(1) Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pinrang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i1.30171
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Kimia pada materi Kesetimbangan Kimia peserta didik kelas XI IPA 6 melalui penerapan Model Problem Based Learning di SMAN 8 Pinrang. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 6 dengan jumlah peserta didik 18 orang. Metode yang digunakan diskusi dengan pendekatan saintifik-TPACK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan evaluasi di akhir pembelajaran di setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Nilai rata-rata hasil belajar pada materi kesetimbangan kimia peserta didik Kelas XI IPA 6 SMA Negeri 8 Pinrang pada akhir siklus I nilai rata rata 63 dengan ketuntasan mencapai 55,56% , nilai rata- rata hasil belajar siswa pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 74 dengan ketuntasan mencapai 72,2%, dan pada siklus III nilai rata rata mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 80,83 dan ketuntasan mencapai 88,89%. Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada materi kesetimbangan kimia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ar, H. E. S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Upi.
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–78.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013.
Mangun, S. W. (2013). Pembelajaran Konstruktivisme: Teori Dan Aplikasi Pembelajaran Dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suswati, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. Teaching: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127–136.
Article Metrics
Abstract view : 372 times | PDF view : 87 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:
Published by:
Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513
Email: [email protected]
PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License