PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Rasna Anna Rasyid(1*), Muhammad Anwar(2), Musdalifah Musdalifah(3),

(1) Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pinrang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i1.30171

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Kimia  pada materi Kesetimbangan Kimia peserta didik kelas XI IPA 6 melalui penerapan Model Problem Based Learning di SMAN 8 Pinrang. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 6  dengan jumlah peserta didik 18 orang. Metode yang digunakan  diskusi dengan pendekatan saintifik-TPACK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan evaluasi di akhir pembelajaran di setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Nilai rata-rata hasil belajar pada materi kesetimbangan kimia peserta didik Kelas XI IPA 6 SMA Negeri 8 Pinrang  pada  akhir siklus I nilai rata rata 63 dengan ketuntasan mencapai 55,56% , nilai rata- rata hasil belajar siswa pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 74 dengan  ketuntasan mencapai 72,2%, dan pada siklus III nilai rata rata mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 80,83  dan ketuntasan mencapai 88,89%. Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada materi kesetimbangan kimia.

 


Keywords


Kesetimbangan Kimia, Problem Based Learning, Saintifik-TPACK

Full Text:

PDF

References


Ar, H. E. S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Upi.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–78.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013.

Mangun, S. W. (2013). Pembelajaran Konstruktivisme: Teori Dan Aplikasi Pembelajaran Dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suswati, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. Teaching: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127–136.


Article Metrics

Abstract view : 372 times | PDF view : 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License