PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMK
(1) Sekolah Menengah Kejuruan Migas Teknologi Riau
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30133
Abstract
ABSTRAK Penerapkan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Kimia Materi Konsep Mol melalui model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitian ini adalah 18 siswa kelas X.2A SMK Migas Teknologi Riau. Metode yang digunakan adalah diskusi dan pendekatan saintifik TPACK. Perolehan data dilakukan dengan teknik observasi dan evaluasi pada setiap akhir siklus dan pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Pada akhir siklus I materi Konsep Mol Kelas X Teknologi Pengeboran Migas SMK Migas Teknologi Riau rata-rata 70, 50% tuntas, dan kedua.Hasil belajar siswa pada tahap ini naik menjadi 85, sehingga memperoleh ketuntasan mencapai 80%, dan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar kimia materi Konsep Mol.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Am, S. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azmi, M. K., Rahayu, S., & Hikmawati, H. (2016). Pengaruh model problem-based learning dengan metode eksperimen dan diskusi terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari sikap ilmiah siswa kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 86–94.
Misidawati, D. N., & Sundari, P. (2021). Penerapan Model PBL dalam Matakuliah Teori Pengambilan Keputusan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 922–928.
Subagia, I. W. (2014). Paradigma baru pembelajaran Kimia SMA. Prosiding Seminar Nasional MIPA.
Suswati, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127–136.
Trianto, M. P. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.
Wulandari, P., Maswani, M., & Khotimah, H. (2019). Google form sebagai alternatif evaluasi pembelajaran di SMAN 2 Kota Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 421–425.
Article Metrics
Abstract view : 248 times | PDF view : 48 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:
Published by:
Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513
Email: [email protected]
PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License