PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMK

Santi Santi Novita(1*), Muhammad Anwar(2), Musdalifah Musdalifah(3),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan Migas Teknologi Riau
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30133

Abstract


ABSTRAK  Penerapkan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Kimia Materi Konsep Mol melalui model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitian ini adalah 18 siswa kelas X.2A SMK Migas Teknologi Riau. Metode yang digunakan adalah diskusi dan pendekatan saintifik TPACK. Perolehan data dilakukan dengan teknik observasi dan evaluasi pada setiap akhir siklus dan pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Pada akhir siklus I materi Konsep Mol Kelas X Teknologi Pengeboran Migas SMK Migas Teknologi Riau rata-rata 70, 50% tuntas, dan kedua.Hasil belajar siswa pada tahap ini naik menjadi 85, sehingga memperoleh ketuntasan mencapai 80%, dan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar kimia materi Konsep Mol.


Keywords


Konsep mol , Hasil Belajar, Problem Based Learning, TPACK

Full Text:

PDF

References


Am, S. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azmi, M. K., Rahayu, S., & Hikmawati, H. (2016). Pengaruh model problem-based learning dengan metode eksperimen dan diskusi terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari sikap ilmiah siswa kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 86–94.

Misidawati, D. N., & Sundari, P. (2021). Penerapan Model PBL dalam Matakuliah Teori Pengambilan Keputusan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 922–928.

Subagia, I. W. (2014). Paradigma baru pembelajaran Kimia SMA. Prosiding Seminar Nasional MIPA.

Suswati, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127–136.

Trianto, M. P. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.

Wulandari, P., Maswani, M., & Khotimah, H. (2019). Google form sebagai alternatif evaluasi pembelajaran di SMAN 2 Kota Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 421–425.


Article Metrics

Abstract view : 248 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License