PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR POKOK BAHASAN LAJU REAKSI

Ruth Dharmayana Sinaga(1*),

(1) Sekolah Menengah Atas Swasta Plus Efarina Saribudolok
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30103

Abstract


ABSTRAK. Penelitian ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Pokok Bahasan Laju Reaksi dan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pokok bahasan laju reaksi. Subjek penelitian ini adalah Peserta didik Kelas XI MIA SMA Swasta Plus Efarina Saribudolok sebanyak 29 peserta didik. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru meningkat dari 79,16% pada siklus I menjadi 88,88% pada siklus II, dan siklus III mencapai persentase tertinggi yaitu 97,2%. Aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan dari 75% pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus II dan mencapai persentase tertinggi pada siklus III yaitu 93,75%.


Keywords


Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning, PBL, Laju Reaksi

Full Text:

PDF

References


Abdul, M. (2008). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Kompetensi Guru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hanafiah, Z. D. (2009). Model-Model Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Depok.

Muharoma, Y. P., & Wulandari, D. (2014). Penerapan model problem-based learning dengan media powerpoint untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ipa. Joyful Learning Journal, 3(2).

Suharsimi, A. (2013). Model-model Pembelajaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Trianto, M.-P. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: Konsep, landasan dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana, 376.

Tsankov, N. S. (2012). Students’ motivation in the process of problem-based education in chemistry and environmental sciences. International Journal of Humanities and Social Science, 2(21), 155–166.


Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License