PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X APAT SMKN 1 CIASEM

Peni Pitriani(1*), Syafiuddin Parenrengi(2), Iskandar Linta Tune(3),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan Cahaya Raya Blanakan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i1.30074

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT) SMKN 1 Ciasem. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dengan indikator penilaian perilaku santun, kerja sama, rasa ingin tahu, dan komunikatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas X APAT pada mata pelajaran Dasar- dasar Budidaya Perikanan. Hal ini ditunjukan berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pada saat diskusi dan presentasi. Hasil skor rata-rata keaktifan siswa dari semua indikator pada siklus 1 sampai siklus 3 mengalami peningkatan. Hasil menunjukan skor rata-rata dari semua indikator pada siklus 1 sebesar 2,46 dengan kriteria cukup, pada siklus 2 skor menjadi 3,00 dengan kriteria baik, dan pada kegiatan pembelajaran siklus 3, skor rata-rata yang diperoleh yaitu sebesar 3,36 dengan kriteria baik.


Keywords


Problem Based Learning, Keaktifan, Dasar Dasar Budidaya Perairan

Full Text:

PDF

References


Berlianto, W. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1).

Dewi, S., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V SDN Tangkil 01 Wlingi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 281–288.

Efendi, M. (2008). Ilmu Pendidikan, Ponorogo. STAIN Ponorogo Press M. Asrori Ardiansyah.

Nisa, A. K. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas XI RPL SMK Ma’arif Wonosari (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudjana, N. (2006). Cara Belajar Siswa Aktif. Remaja Rosdakarya.

Sumardi, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iii A SDN 219 Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(2), 86–95.


Article Metrics

Abstract view : 129 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License