PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA LAJU REAKSI

Agung Pamungkas(1*),

(1) Madarasah Aliyah Maarif NU 1 Samarinda
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i1.30064

Abstract


Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah ditemukannya nilai kimia peserta didik kelas XI MIPA MA Maarif NU 1 Samarinda pada materi Laju Reaksi masih rendah (di bawah KKM). Hal ini dikarenakan peserta didik sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru dengan menggunakan metode ceramah dan tidak melibatkan aktivitas peserta didik. Penerapan  model pembelajaran PBL pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Kimia Laju Reaksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA sebanyak 10 peserta didik. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan sebanyak 3 (tiga) siklus. KKM untuk mata pelajaran Kimia adalah 70. Metode yang digunakan adalah diskusi dengan pendekatan Saintifik-TPACK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan cara berupa pengamatan serta evaluasi disetiap siklus. Model pembelajaran PBL ternyata memberikan hasil yang signifikan peningkatannya yakni pada siklus I dengan rata-rata nilai 65 dan ketuntasan 40%, nilai rata-rata pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 76 dengan ketuntasan 70% , dan pada siklus III nilai rata-rata mencapai 85 dan ketuntasan mencapai 100%.


Keywords


Hasil Belajar, Problem Based Learning, Laju Reaksi

Full Text:

PDF

References


Ain, N., & Huda, C. (2018). Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Momentum: Physics Education Journal, 1–7.

Cahir, C. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vi Sd Negeri 329 Palambarae Kabupaten Bulukumba Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Tgt. PINISI: Journal of Teacher Professional, 2(1), 6–13.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar Edisi 2: Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Maryati, I. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pola bilangan di kelas vii sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74.

Novita, N. Y. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Giving Question And Getting Answer (Gqga) Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Vii. C Mts Hasanah Pekanbaru Tahun Ajaran 2011/2012.

Rahayu, S. (2017). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Integrasi ICT dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA IX, 1–14.


Article Metrics

Abstract view : 423 times | PDF view : 136 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License