PENERAPAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LAJU REAKSI

Sri Witriana(1*),

(1) Sekolah Menengah Atas Negeri 1 SAMPIT
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30060

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi dengan menerapkan pendekatan STEAM dalam kegiatan pembelajaran. Aktivitas belajar yang dimaksud adalah kemampuan peserta didik dalam merancang suatu prosedur, keaktifan bertanya, menanggapi materi yang disampaikan dalam pembelajaran, mengajukan dan menanggapi hal-hal yang masih belum dimengerti dengan diskusi tanya jawab baik di dalam kelompok atau antar kelompok yang lain. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA D SMAN 1 Sampit Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 18 peserta didik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan STEAM berbasis TPACK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan evaluasi di akhir pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I, aktivitas belajar peserta didik ditunjukan dengan persentase 67%  dan hasil belajar yang memenuhi kriteria ketuntasan sebesar 72% . Pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas belajar yaitu ditunjukan dengan persentase 78% dan hasil belajar  yang memenuhi kriteria ketuntasan sebesar 83%. Sedangkan pada siklus III terjadi peningkatan aktivitas belajar yang ditunjukan dengan persentase 94% dan hasil belajar yang memenuhi kriteria ketuntasan mencapai 100%.  Hasil pelaksanaan tindakan menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan STEAM dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi.


Keywords


STEAM, TPACK, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Cox, S., & Graham, C. R. (2009). Using An Elaborated Model Of The TPACK Framework To Analyze And Depict Teacher Knowledge. Techtrends, 53(5), 60–69.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Perdana, S. A., & Slameto, S. (2016). Penggunaan Metode Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2).

Sahih, A. (2015). A Practice-Based Model Of STEAM Teaching STEAM Students On The Stage (SOS) TM. Rotterdam: Sense Publishers.

Wardoyo, S. M. (2013). Pembelajaran Kontruksivisme: Teori Dan Apikasi Pembelajaran Dalam Pembentukan Karakter. Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 67 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License