PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KONSEP MOL

Eva Anawinta Buangmanalu(1*), Netti Herawati(2),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan Al Azhar Batam
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30050

Abstract


Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Di mana penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar soal tes akhir siklus. Subjek penelitian ini peserta didik kelas X RPL SMK AL AZHAR sebanyak 12 peserta didik dengan metode yang digunakan diskusi dan dengan pendekatan saintifik-TPACK. Berdasarkan analisis dan pengamatan hasil dari penelitian tersebut diperoleh informasi bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik, dapat terlihat pada siklus I rata-rata persentase aktivitas belajar sebesar 62,5% dan rata- rata hasil belajar peserta didik sebesar 63 . Sedangkan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas sebsesar 87,5% dan rata-rata hasil belajar peserta didik sebesaR 73. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin besar rata-rata aktivitas belajar peserta didik, semakin besar pula rata-rata nilai tes hasil belajar peserta didik, dan sebaliknya.


Keywords


Kimia, Aktivitas Belajar, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Barus, D. R. (2019). Model–Model Pembelajaran Yang Disarankan Untuk Tingkat Smk Dalam Menghadapi Abad 21.

Buda, C. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Konkrit Dalam Upaya Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Muatan Ipa Tema7 Subtema 1 Kelas 4. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2).

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.

Sundawan, M. D. (2016). Perbedaan Model Pembelajaran Konstruktivisme Dan Model Pembelajaran Langsung. Logika Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 16(1).


Article Metrics

Abstract view : 55 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License