PENERAPAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMAN 3 MAMUJU

Dewanri Fattah(1), Netti Herawati(2*), Makmur Makmur(3),

(1) Sekolah Menengah Atas Negeri 3 MAMUJU
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Takalar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i1.30022

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi ikatan kimia dengan menggunakan pendekatan STEAM di kelas X IPA SMA Negeri 3 Mamuju. Subjek yang digunakan kelas X IPA  SMA Negeri 3 Mamuju dengan jumlah peserta didik 13 orang. Secara garis besar terdapat empat tahapan PTK, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Peserta didik secara keseluruhan berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran materi ikatan kimia melalui diskusi kelompok berdasarkan masalah yang didapat. Berdasarkan analisis data diperoleh peningkatan persentase motivasi belajar peserta didik pada siklus I 44,83% dan pada siklus II 72,41% . Hal ini menandakan bahwa peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 3 Mamuju sangat termotivasi dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery.

Keywords


Pendekatan STEAM, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar Edisi 2: Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Syukri, M., Halim, L., Meerah, T. S. M., & FKIP, U. (2013). Pendidikan STEM dalam Entrepreneurial Science Thinking ‘ESciT’: Satu Perkongsian Pengalaman dari UKM untuk ACEH. Aceh Development International Conference, 26–28.

Winarni, J., Zubaidah, S., & Koes, S. (2016). STEM: apa, mengapa, dan bagaimana. Prosiding Semnas Pend IPA Pascasarjana UM, 1, 976–984.

Zainal, A. (2006). Penelitian tindakan kelas. Bandung: Yrama Widya.


Article Metrics

Abstract view : 129 times | PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License