PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK

Baiq Hurun Infarlina(1*), Makmur Makmur(2),

(1) Sekolah Menengah Atas Swasta Attohiriyah Bodak
(2) Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Takalar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.29996

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar kimia peserta didik kelas XII MIPA D di SMAS Attohiriyah Bodak tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini mengadopsi desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek dari PTK ini adalah peserta didik kelas XII MIPA D yang berjumlah 30 orang. Siklus penelitian sebanyak 3 pengulangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Rata-rata nilai hasil belajar peserta didik pada siklus I, siklus II, dan siklus III secara berturut yaitu 65.00; 81,41; dan 88,64. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I, siklus II dan siklus III secara berturut-turut yaitu 48,80;  70,37; dan 84,62%. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II dan siklus III. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan pendekatan scientific-TPACK dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII MIPA D di SMAS Attohiriyah Bodak tahun pelajaran 2021/2022.

Keywords


Hasil Belajar, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Anam, C. (2019). Peranan Sertifikasi Kopetensi Kejuruan Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Smk Tkr. Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif, 3(1).

Dwiningsih, K., Sukarmin, M., & Rahma, P. T. (2018). Pengembangan media pembelajaran kimia menggunakan media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran di era global. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 156–176.

Fahmidani, Y., Andayani, Y., Srikandijana, J., & Purwoko, A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Lembar Kerja Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Chemistry Education Practice, 2(1), 1–5.

Fitriani, F., Loka, I. N., Junaidi, E., & Al-Idrus, S. W. (2019). Studi komparasi pengaruh antara model pembelajaran problem based learning (pbl) dan self regulated learning (srl) terhadap hasil belajar kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 6–11.

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28–42.

Herlina, H. (2020). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Hidrokarbon. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 7–13.

Jami, J. (2020). Meningkatkan hasil belajar kimia kelas XI MIA MAN 1 Tanjung Jabung Timur dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(2), 42–49.

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23–29.

Pusparini, S. T., Feronika, T., & Bahriah, E. S. (2018). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 8(1), 35–42.

Rahmawati, D. U., Wilujeng, I., Jumadi, J., Kuswanto, H., Sulaeman, N. F., & Astuti, D. P. (2020). Problem based learning e-handout: Improving students’ mathematical representation and self efficacy. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 9(1), 41–50.

Silaban, R., Panggabean, F. T. M., Hutapea, F. M., Hutahaean, E., & Alexander, I. J. (2020a). Implementasi problem based-learning (pbl) dan pendekatan ilmiah menggunakan media kartu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang mengajar ikatan kimia. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(2), 69–76.

Silaban, R., Panggabean, F. T. M., Hutapea, F. M., Hutahaean, E., & Alexander, I. J. (2020b). Implementasi problem based-learning (pbl) dan pendekatan ilmiah menggunakan media kartu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang mengajar ikatan kimia. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(2), 69–76.

Suswati, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127–136.


Article Metrics

Abstract view : 63 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License