PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK
(1) Sekolah Menengah Atas Swasta Attohiriyah Bodak
(2) Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Takalar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.29996
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anam, C. (2019). Peranan Sertifikasi Kopetensi Kejuruan Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Smk Tkr. Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif, 3(1).
Dwiningsih, K., Sukarmin, M., & Rahma, P. T. (2018). Pengembangan media pembelajaran kimia menggunakan media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran di era global. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 156–176.
Fahmidani, Y., Andayani, Y., Srikandijana, J., & Purwoko, A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Lembar Kerja Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Chemistry Education Practice, 2(1), 1–5.
Fitriani, F., Loka, I. N., Junaidi, E., & Al-Idrus, S. W. (2019). Studi komparasi pengaruh antara model pembelajaran problem based learning (pbl) dan self regulated learning (srl) terhadap hasil belajar kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 6–11.
Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28–42.
Herlina, H. (2020). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Hidrokarbon. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 7–13.
Jami, J. (2020). Meningkatkan hasil belajar kimia kelas XI MIA MAN 1 Tanjung Jabung Timur dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(2), 42–49.
Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23–29.
Pusparini, S. T., Feronika, T., & Bahriah, E. S. (2018). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 8(1), 35–42.
Rahmawati, D. U., Wilujeng, I., Jumadi, J., Kuswanto, H., Sulaeman, N. F., & Astuti, D. P. (2020). Problem based learning e-handout: Improving students’ mathematical representation and self efficacy. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 9(1), 41–50.
Silaban, R., Panggabean, F. T. M., Hutapea, F. M., Hutahaean, E., & Alexander, I. J. (2020a). Implementasi problem based-learning (pbl) dan pendekatan ilmiah menggunakan media kartu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang mengajar ikatan kimia. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(2), 69–76.
Silaban, R., Panggabean, F. T. M., Hutapea, F. M., Hutahaean, E., & Alexander, I. J. (2020b). Implementasi problem based-learning (pbl) dan pendekatan ilmiah menggunakan media kartu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang mengajar ikatan kimia. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(2), 69–76.
Suswati, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127–136.
Article Metrics
Abstract view : 63 times | PDF view : 14 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:
Published by:
Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513
Email: [email protected]
PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License