PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BRBASIS POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA
(1) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Koba
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i1.29995
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan peserta didik dari siklus I sampai dengan siklus III. Subjek penelitian ini adalah Peserta didik Kelas X jurusan Teknik Instalasi tenaga Listrik SMK Negeri 1 Koba sebanyak 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui metode tes yang diperoleh dari setiap tindakan. Dari analisis data siklus I menunjukkan hasil belajar sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 70, hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai peserta didik pada siklus I peserta didik yang memperoleh nilai >70 sebanyak 10 peserta didik (61,25%) dengan rata-rata kelas 70,625 Sedangkan nilai post test pada siklus II peserta didik yang memperoleh nilai 70 sebanyak 13 peserta didik (81,25%). Pada siklus III hasil belajar peserta didik meningkat dengan presentase ketuntasan 100%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kimia
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Belseran, A., Unwakoly, S., & Al Hamid, F. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Power Point Pada Konsep Reduksi-Oksidasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 6 Ambon. Science Map Journal, 2(1), 32–36.
Desriyanti, R. D., & Lazulva, L. (2016). Penerapan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Konsep Hidrolisi Garam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jtk (Jurnal Tadris Kimiya), 1(2), 70–78.
Febriana, B. W., & Masykuri, M. (2015). Identifikasi Penggunaan Bahan Ajar Pada Smk Kesehatan Bakti Indonesia Medika. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(2), 64–76.
Nainggolan, B., & Pw, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Menggunakan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Asam Basa. Talenta Conference Series: Science And Technology (St), 2(1), 147–152.
Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Sirait, T., & Hutabarat, W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma Pada Pokok Bahasan Konsep Redoks. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(02).
Trihatmo, A. (N.D.). Antonius. (2012). Penggunaan Modelproblem Based Learning Pada Materi Larutan Penyaangga Dan Hidrolisis, Semarang. Jurnal Fmipa Kimia Universitas Negeri Semarang, 1(1), 7–13.
Wasonowati, R. R. T., Redjeki, T., & Ariani, S. R. D. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Hukum-Hukum Dasar Kimia Ditinjau Dari Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ipa Sma Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 66–75.
Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Penggunaan Media Audiovisual Berbantu Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1652–1657.
Article Metrics
Abstract view : 165 times | PDF view : 65 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:
Published by:
Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513
Email: [email protected]
PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License