PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KIMIA

Riri Despita(1*), Makmur Makmur(2),

(1) SMK Penerbangan SPAN Pekanbaru
(2) Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Takalar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.29956

Abstract


Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning merupakan upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Kimia. Penelitian ini menggunakan pendekatan Saintifik-TPACK dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan secara kolaboratif, dimana peneliti sebagai pelaksana tindakan dan teman sejawat sebagai observer. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Teknik SMK Penerbangan SPAN Pekanbaru sebanyak 10 peserta didik. Penelitian dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. Kriteria keberhasilan tindakan dianggap berhasil jika ketuntasan hasil belajar meningkat dari siklus 1 ke siklus 3. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan evaluasi diakhir pembelajaran di setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pada siklus I nilai rata-rata 60 dengan ketuntasan 40%, (2) nilai rata-rata pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 79 dengan ketuntasan 80% , dan (3) pada siklus III nilai rata-rata mencapai 86 dan ketuntasan mencapai 90%. Dengan demikian penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran kimia.


Keywords


Kimia, Hasil Belajar, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2019). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi).

Depdiknas. (2004). Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penelitian Pembelajaran Kimia.

Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar, S. P., & Si, M. (2008). Langkah mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Poses Belajar Mengajar. Rajawali.


Article Metrics

Abstract view : 625 times | PDF view : 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License