PERAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK KATOLIK MUKTYACA

Yasintha Pemba(1*), Darmawang Darmawang(2), Nur Risnawati Kusuma(3),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan Katolik Muktyaca
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 3 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i1.29859

Abstract


Konsentrasi belajar adalah pemusatan pikiran, atau terpusatnya perhatian terhadap informasi yang diperoleh seorang peserta didik selama periode belajar. Konsentrasi belajar diperlukan agar peserta didik lebih fokus dan lebih mudah menerima pelajaran yang diberikan guru. Banyak faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar, salah satunya adalah lingkungan belajar sebagai tempat peserta didik melakukan proses pembelajaran. Lingkungan belajar merupakan semua kondisi yang mempengaruhi tingkah laku subjek yang terlibat di dalam pembelajaran, terutama guru dan peserta didik sebagai ujung tombak proses pembelajaran di sekolah. Fokus penelitian ini adalah untuk  melihat peran lingkungan belajar terhadap konsentrasi belajar peserta didik di SMK Katolik Muktyaca. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam (indepth interview), pengamatan dan studi dokumen . Analisis data dilakukan dengan cara reduction, data display, dan conclusion drawing atau verification. Uji keabsahan data  menggunakan  pendekatan triangulasi data yakni pengujian berdasarkan waktu ketika data dikumpulkan, orang yang terlibat dalam proses pengumpulan data serta tempat darimana data diperoleh.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar yang kondusif berperan penting dalam peningkatan konsentrasi belajar peserta didik.

 


Keywords


Lingkungan belajar, konsentrasi belajar, peserta didik

Full Text:

PDF

References


Ahmad, R., & MPd, H. M. (2004). Pengelolaan Pengajaran, Jakarta, PT. Rineka Cipta.

Basri, H., & Saebani, B. A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam (Jilid II). Bandung: Pustaka Setia.

Heidi, Y.-J. T., & Neo, M. (2015). Exploring the use of authentic learning strategies in designing blended learning environments: A Malaysian experience. Journal of Science & Technology Policy Management.

Kamulyan, M. S., & Primasari, F. (2016). Implementasi perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 17–30.

Nurhayati, E. (2018). Psikologi pendidikan inovatif (Vol. 2). Pustaka Pelajar.

Pashiardis, G. (2008). Toward a knowledge base for school climate in Cyprus’s schools. International Journal of Educational Management.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi pendidikan (Edisi ke-2). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setyo Wibowo, A. (2021). Teori Keadilan Platon malam The Republic.

Sigilai, R. M., & Bett, J. C. (2013). An assessment of head teachers’ effectiveness in managing public primary school finances in Bomet Sub County, Kenya. Journal of Emerging Trends in Educational Research and Policy Studies, 4(2), 205–209.

Sindhunata. (2009). Pendidikan Yang Menyambut Dunia. Majalah Basis, 7.

Sofyan, H., & Uno, H. B. (2012). Teori Motivasi dan penerapannya dalam penelitian. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono, P. D. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: CV. ALVABETA.

Suranto, S. (2015). Pengaruh motivasi, suasana lingkungan dan sarana prasarana belajar terhadap prestasi belajar siswa (studi kasus pada sma khusus putri sma islam diponegoro surakarta). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), 11–19.

Uzer, U. (2005). Menjadi guru profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wukir, H. (2013). Manajemen sumber daya manusia dalam organisasi sekolah. Yogyakarta: Multi Pressindo.


Article Metrics

Abstract view : 533 times | PDF view : 220 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License