PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMUNIKASI KEPERAWATAN

Ni Made Indah Dwi Astuti(1*),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Negara
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.29835

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar dan respon pada mata pelajaran Komunikasi Keperawatan siswa kelas X Asisten Keperawatan 2 (AK 2) SMK Negeri 4 Negara Tahun Ajaran 2019/2020 dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama dua siklus, dimana setiap siklus meliputi proses perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 4 Negara dengan subjek penelitian adalah 33 siswa pada kelas X AK 2 Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan angket. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas belajar, lembar kerja peserta didik, soal tes evaluasi dan angket respon. Metode analisis data yang dipergunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian memperoleh hasil skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 28 dalam kriteria baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 33 dengan criteria sangat baik. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil siklus I ketuntasan belajar sebesar 69,69% dan pada siklus II meningkat menjadi 90,90%. Respon siswa menunjukkan kriteria sangat tertarik dengan persentase 86,59 %.

Keywords


Hasil Belajar, Komunikasi Keperawatan, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009a). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi).

Arikunto, S. (2009b). Pendidikan Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Haris, A., & Jihad, A. (2013). Evaluasi pembelajaran: Yogyakarta: Multi Pressindo. Achmad Rifa’I Dan Chatarina Tri Anni. 2009, Psikol.

Mu’minah, I. H. (2021). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 584–594.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Wasonowati, R. R. T., Redjeki, T., & Ariani, S. R. D. (2014). Penerapan model problem-based learning (PBL) pada pembelajaran hukum-hukum dasar kimia ditinjau dari aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 66–75.


Article Metrics

Abstract view : 78 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License