PENERAPAN MEDIA VIDEO DENGAN MODEL E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELASVII SMPN4 PALOPO

Dwi Ariyanti(1*), Indah Herwaty(2),

(1) Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Palopo
(2) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Gowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.29800

Abstract


Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatan hasil belajar Prakarya melalui model e-learning dengan media video pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Palopo. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berupa penerapan model e-learning dengan media video dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Palopo yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus tediri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Palopo Jumlah siswa 29 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 19 siswaperempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model e-learning dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar Prakarya pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Palopo dilihat dari hasil Pra Siklus siswa yang tuntas KBM hanya 14 siswa (48,3%). Pada Siklus I terdapat 24 siswa (82,8%) yang tuntas, dan pada Siklus II terdapat 26 siswa (89,7%) yang tuntas. Karena adanya peningkatan hasil belajar, maka penelitian tindakan kelas ini dihentikan pada Siklus II karena memenuhi kriteria ketuntasan klasikal, sebanyak kurang lebih 85% siswa yang dinyatakan berhasil menyelesaikan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar Prakarya kelas. Siswa VII.C SMP Negeri 4 Palopo tahun ajaran 2021/2022.

Keywords


Hasil belajar Prakarya, Model E-Learning, Media Video

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta., 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Hauff, M., & Laaser, W. (1996). Educational Video and TV in Distance Education: Production and Design Aspects. Journal of Universal Computer Science, 2(6), 456–471.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. PT Rajagrafindo Persada.

Sadiman, A. S. (2009). Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya.

Suyadi. (2015). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Diva Press.


Article Metrics

Abstract view : 104 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: progresif@unm.ac.id 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License