PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMKN 3 MERAUKE

Muhammad Gazali(1*), Marthen Palobaran(2), Sudirman Sudirman(3),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan NEGERI 3 MERAUKE
(2) 
(3) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Gowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i1.29066

Abstract


ABSTRAK - Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Pemeliharaan kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR) peserta didik melalui penerapan Problem Based Learning (PBL) siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 3 Merauke pada tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan 1 siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sampel pada penelitian ini siswa kelas XI TKR yang berjumlah 33 siswa. Data yang diambil melalui penelitian ini berasal dari data awal sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran model PBL melalui ulangan harian, pengamatan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian dianalisis kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini adalah minimal 80% siswa mencapai KKM. Pada data awal sebelum penerapan PBL diperoleh 0% siswa tidak mencapai KKM dengan nilai rata-rata 27,88. Selanjutnya setelah penerapan model pembelajaran PBL hasil belajar peserta didik kelas XI TKR SMKN 3 Merauke. Persentase pencapaian KKM pada siklus I sebesar 63,64% dengan nilai rata-rata 66,50 dan pada siklus II 100,00% siswa mencapai KKM dengan nilai rata-rata 84,21.


Keywords


PBL; Hasil belajar; Kelistrikan Kendaraan Ringan

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Majid, A. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mandagi, F. A., Palobaran, M., & Sudirman, S. (n.d.). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Media Elektrik, 19(1), 46–55.

Sanjaya, W. (2019). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.

Saputra, H. (2016). Pengembangan mutu pendidikan menuju era global: Penguatan mutu pembelajaran dengan penerapan hots (high order thinking skills). Smile’s.

Surakhmad, W. (1994). Pengantar interaksi belajar mengajar. Bandung: Tarsito.


Article Metrics

Abstract view : 226 times | PDF view : 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License