PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Noerzalina Abarang(1*), Delviany Delviany(2),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tutuyan
(2) Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.28570

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan tepat sesuai sintaks pada mata pelajaran Ilmu Penyakit dan Penunjang Diagnostik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan tiga siklus dimana setiap siklusnya berlangsung selama 10 hari dengan tahapan kegiatan berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Asisten Keperawatan SMKN 1 Tutuyan tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 11 peserta didik. Data dari penelitian ini, diperoleh dari data hasil belajar peserta didik baik pada ranah pengetahuan  (kognitif) maupun keterampilan (psikomotor) dengan rasio nilai akhir (NA) 40:60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Penyakit dan Penunjang Diagnostik. Hasil belajar peserta didik meningkat dari prasiklus, pada siklus 1 hasil belajar peserta didik kategori tuntas berada pada angka 27,27%, pada siklus 2 menjadi 63,63% dan pada siklus 3 hasil belajar peserta didik dengan kategori tuntas, mencapai 72,72%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI Asisten Keperawatan di SMKN 1 Tutuyan.

Keywords


Model Pembelajaran, PBL, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arends, R., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning. Routledge New York.

Bishop, J. (2009). Partnership for 21st century skills. Retrieved from August, 18, 2019.

Good, C. V. (1977). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Alfabeta.

Mandagi, F. A., Palobaran, M., & Sudirman, S. (n.d.). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Media Elektrik, 19(1), 46–55.

Muhtadi, A. (2019). Pembelajaran Inovatif. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Reinsini, C. E., Susila, I. W., & Cholik, M. (2021). Application of Problem-Based Learning to Enhance Students Learning Outcomes in Basic Competencies of Maintaining Brake Systems. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(2), 139–145.

Saefuddin, A., & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Article Metrics

Abstract view : 989 times | PDF view : 290 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: progresif@unm.ac.id 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License