PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING SECARA DARING DAN LURING PADA SISWA KELAS VII A SMP ASTRA MAKMUR JAYA

Wahyudi Nugroho(1*), Suharto Suharto(2),

(1) Sekolah Menengah Pertama Astra Makmur Jaya
(2) Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.28536

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi persoalan rendahnya motivasi belajar dan meningkatkan hasil belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning secara daring maupun luring pada Pelajaran Informatika, Siswa Kelas 7 A SMP Astra Makmur Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas dengan metode kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data, meliputi teknik pengamatan (observasi), wawancara, kajian atau telaah dokumen, angket, dan tes. Teknik analisis yang digunakan pertama adalah teknik analisis deskriptif komparatif untuk data kuantitatif dan teknik analisis yang kedua adalah teknik analisis kritis, teknik ini digunakan untuk menelaah data-data kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas VII A SMP Astra Makmur Jaya yang berjumlah 34 orang, Pembelajaran yang dilaksanakan 50% daring dan 50% Luring, secara bergantian. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Informatika baik secara daring maupun luring dengan rerata skor 63,58% pada siklus 1 dan rerata skor 91,82% pada siklus 2.

Keywords


Model Pembelajaran Problem Based Learning, dan Problem based learning secara daring & luring

Full Text:

PDF

References


Adhe, 2018. “Model Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD Di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya Online Learning Model PAUD Study in PG PAUD Education Faculty of Surabaya State University. 1413.”

Agus Suprijono, Metode dan Model-Model Mengajar, (Bandung: Alfabeta, 2012).

Hopkins. 1993. Desain Penelitian Tindakan Kelas (Model Ebbut). Yogyakarta : Pustaka Belajar.

KEMENDIKBUD RI, 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran (Covid-19).

Kuntarto, E. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi”. Journal Indonesian Language Education and Literature. 3, (1), 99-110.

Mustofa, MI, dkk. 2019. Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. WJIT: Walisongo Journal of Information Tecnology, 1 (2), 151-160.

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009).

Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1, Halm. 81-86.

Sudarman, 2005. “Problem Based Learning Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah”. Artikel Ilmiah FKIP Universitas Mulawarman Samarinda.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002).


Article Metrics

Abstract view : 229 times | PDF view : 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: progresif@unm.ac.id 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License