ANALISIS PEMANFAATAN SYAM-OK MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTERFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Muhammad Akbar Suwandi(1*), Muhammad Yusuf Mappeasse(2), Syahrul Syahrul(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v1i1.27534

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan LMS SYAM-OK di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dengan model Technology Acceptance Model (TAM), yang terdiri dari empat konstruk utama (internal variabel). Sampel sebanyak 100 mahasiswa ysng dihitung menggunkan rumus Slovin dengan signifikansi 10%. Pengumpulan data di ambil melalui kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) persepsi kemudahan (Perceived Ease of Use) berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kegunaan (Prerceived Usefulness); (2) persepsi kegunaan (Prerceived Usefulness) berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku (Behavior Intention to Use); (3) persepsi kemudahan (Perceived Ease of Use) berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku (Behavior Intention to Use); (4) persepsi kegunaan (Prerceived Usefulness) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemanfaatan (Actual system use); (5) niat perilaku (Behavior Intention to Use) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemanfaatan (Actual system use); (6) persepsi kemudahan (Perceived Ease of Use) berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku (Behavior Intention to Use) melalui persepsi kegunaan (Prerceived Usefulness) efek mediasi Partial Mediations; (7) persepsi kegunaan (Prerceived Usefulness) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemanfaatan (Actual system use) melalui niat perilaku (Behavior Intention to Use) efek mediasi Full Mediations.

Keywords


LMS, SYAM-OK, Technology Acceptance Model

Full Text:

PDF

References


Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Alternatif structural equation modeling (SEM) dalam penelitian bisnis. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 319–340.

Dotson, M. J., & Hyatt, E. M. (2001). Sales promotion preferences: A demographic analysis. Marketing Advances in Pedagogy, Process, and Philosophy, Stillwater, OK: Society for Marketing Advances, 29–32.

Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance model (TAM) untuk menganalisis penerimaan terhadap sistem informasi di perpustakaanM INFORMASI PERPUSTAKAAN. Iqra: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 196942.

Gunherani, D., Irawati, W., & Muhidin, A. (2019). The Evaluation of E-Learning Program at the University of Pamulang. 1st International Conference on Education Social Sciences and Humanities (ICESSHum 2019), 710–716.

Hastini, S., & Cholil, W. (2021). Analisa Komponen ITSM Pada E-learning Perguruan Tinggi Di Kota Palembang Menggunakan ITIL V. 3. Jurnal Tekno Kompak, 15(1), 79–91.

Jenkins, M., & Hanson, J. (2003). E-learning series No. 1: A guide for senior managers (Vol. 1). Learning and Teaching Support Network Generic Centre.

Lee, Y., Kozar, K. A., & Larsen, K. R. (2003). The technology acceptance model: Past, present, and future. Communications of the Association for Information Systems, 12(1), 50.

Munir, M. (2010). Penggunaan Learning Management System (Lms) Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1).

Muzid, S., & Munir, M. (2005). Persepsi mahasiswa dalam penerapan e-learning sebagai Aplikasi peningkatan kualitas pendidikan (Studi kasus pada Universitas Islam Indonesia). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Nasir, A. A., Zhou, X., Durrani, S., & Kennedy, R. A. (2013). Relaying protocols for wireless energy harvesting and information processing. IEEE Transactions on Wireless Communications, 12(7), 3622–3636.

Reyad, M. A. H., Chhay, L., Suy, R., Hammad, A., Uddin, M. M., & Paul, R. (2019). Bike-Sharing and Public Acceptance in Bangladesh: An Empirical View of Religiosity as an Obstacle for Women’s Intention toward Bike-Sharing. Open Journal of Social Sciences, 7(03), 458.

Sayekti, F., & Putarta, P. (2016). Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) dalam pengujian model penerimaan sistem informasi keuangan daerah. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 9(3).

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Tony Sitinjak, M. M. (2019). Pengaruh persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat penggunaan layanan pembayaran digital Go-Pay. Jurnal Manajemen, 8(2).


Article Metrics

Abstract view : 220 times | PDF view : 219 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License