SISTEM PATRIARKI DALAM MASYARAKAT BALI (STUDI KASUS DI DESA KERTORAHARJO KECAMATAN TOMONI TIMUR KABUPATEN LUWU TIMUR)

Ulfa Utami Mappe(1*), Sopian Tamrin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui, (1) sistem patriarki dalam masyarakat, (2) subordinasi terhadap perempuan yang tetap dipertahankan oleh masyarakat migran bali di desa Kertoraharjo kecamatan Tomoni Timur kabupaten Luwu Timur.

Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) perempuan dan laki-laki ditempatkan dalam posisi yang berbeda di dalam masyarakat. Laki-laki dianggap lebih dari perempuan, dimana perempuan harus melahirkan anak laki-laki, harus mengikuti kata suami, harus tunduk pada ketentuan adat tanpa protes dan cukup dengan menyesuaikan diri mereka saja, tidak berhak atas harta orang tua mereka, bila terjadi perceraian maka tidak berhak atas hak asuh anak sebagaimana ia tidak memiliki garis keleluhuran, berperan ganda sebagai ibu dan pencari nafkah. Sedangkan laki-laki berada pada posisi sebaliknya. Laki-laki dan perempuan terkungkung dalam aturan-aturan adat yang bisa dikatakan lebih menguntungkan bagi laki-laki dan menempatkan perempuan pada keadaan termarginalkan, tersubrordinat, distreotip lemah, mengalami kekerasan, serta berperan ganda. (2) Subordinasi terhadap perempuan atau dalam hal ini budaya patriarki tetap dilanggengkan karena hal ini sudah dilakukan secara turun-temurun sejak nenek moyang mereka. Apabila hal ini diubah maka sama arinya dengan mengubah tatanan. Hal ini dianggap tidak seseuai dengan ajaran agama Hindu dan saat ini pihak-pihak keagaaman mencoba untuk memperbaikinya.

Kemajuan zaman memberikan sedikit perubahan pola pikir bagi sebagian masyarakat Bali bahwa anak perempuan ternyata begitu termarginalkan, maka mereka diberikan bekal pendidikan sebagai harta yang akan mereka bawa keluar dari rumah, tapi hak atas harta bahkan sebagian besar tidak bisa memberikan jawaban secara gamblang bahwa mereka adalah orang tua yang telah berpikir berbeda dari nenek moyang mereka dan akan memberikan hak yang sama kepada anak perempuannya.


Article Metrics

Abstract view : 11 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prgram Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar

Jl. A. P. Pettarani, Makassar, 90222

Telp/Fax. 0411-885105

Email: [email protected]