POLA PANDANGAN WANITA TRANSMIGRAN DALAM MENERIMA PROGRAM TRANSMIGRASI

Ashari Ismail(1*), Mauliadi Ramli(2),

(1) Sosiologi UNM
(2) Sosiologi UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/predestinasi.v16i1.47721

Abstract


ABSTRAK

Pembangunan transmigrasi sebagai bagian dari pembangunan nasional adalah pembangunan yang diharapkan oleh para transmigran termasuk para wanita transmigran dalam memberikan perubahan dan kesetaraan hidup. Penelitian ini menggunakan metode sosiohistoris dengan berupaya untuk menelaah pandangan para wanita  transmigran di daerah trasmigrasi Baras sembilan, Mamuju Sulawesi Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada awal perancangan program, transmigrasi para wanita  amat mengharapkan perhatian maksimal pemerintah namun, para  wanita  transmigran menganggap pemerintah kurang maksimal memberikan akses ekonomi sebagaimana yang diharapkan. Pihak Swasta yakni PT. Unggul justru dianggap berkontribusi banyak dalam meningkatkan kesejahteraan  wanita  transmigran.

 


Keywords


Kata Kunci : Pola Pandangan Wanita Transmigran

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Budianto, A.,( 2020). Ketegangan Sosial Di Lampung Akibat ProgramTransmigrasi Di Era 1950. Jurnal Candi 20 (1).

Eriyatno. 1986. “Prospek Pengembangan Transmigrasi di Wilayah Transmigrasi.” Dalam Sri Edi Swasono. Sepuluh Windu Transmigrasi di Indonesia . Jakarta : UIP

Fakih, Mansour (2001). Sesat Pikir Teori Pembangunan dan Globalisasi. Yogyakarya. Pustaka Pelajar

Firmansyah, A., Superman., & Bayuardi., G. (2018) Pengalaman Transmigrasi Di Indonesia (Studi Di Desa Olak-Olak, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya) . Jurnal Historia 6 (2).

Fitriani, R., & Khairulyadi. (2019). Mobilitas Sosial Pada Keluarga Transmigrasi (Studi Deskriptif Kuantitatif di Kecamatan Singkohor Kabupaten Aceh Singkil) . Jurnal Mahasiswa FISIP Unsyiah 4 (2)

Ismail, Ashari. (2019). Perempuan dan Pembangunan Politik : Kajian tentang Peran dan strategi Politik Perempuan Kepala Desa dalam Pembangunan politik Pedesaan. Makassar . UNM.

Ismail, Ashari (1998). Pola Partisipasi Perempuan Transmigran Dalam pembangunan. Bandung. Program Pascasarjana.


Article Metrics

Abstract view : 73 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.