Traveler: Studi Deskriptif Mengenai Fenomena Gaya Hidup Di Kalangan Mahasiswa

Andi Try Haldyaqhza SHP(1), Nurlela .(2*),

(1) UNM
(2) Pendidikan Antropologi UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/predestinasi.v16i1.47542

Abstract


 

ABSTRAK

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dalam memandang gaya hidup Traveler dari penggunaan sosial media. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tipe deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 8 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria mahasiswa aktif yang dalam 1 semester melakukan perjalanan ke tempat destinasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data  kualitatif tipe deskriptif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) gaya hidup traveler berlandaskan dari ketertarikannya terhadap apa yang meraka dapatkan di dalam sosial media. Semakin banyaknya mahasiswa yang sering mengakses sosial media mereka, semakin banyaknya mahasiswa yang mengadopsi apa yang mereka perhatikan pada sosial medianya. (2) mahasiswa dalam membagi waktunya sebagai traveler secara tidak langsung dapat memberikan pengetahuan baru dalam memenejemenkan waktu, persiapan dan agenda yang saling berbenturan. Tetapi tidak menjadi penghalang untuk travelling ke tempat destinasi. (3) dampak dari traveler dalam pengembangan pariwisata mempunyai peran yang cukup besar dalam mempromosikannya ke berbagai pencari informasi wisata. Mahasiswa juga dapat mengimplementasikan ilmu yang didapatkan dari hasil perjalannya menjadi pengetahuan baru dari masyarakat

 

 


Keywords


Kata kunci: Mahasiswa, Refreshing, Traveler

Full Text:

PDF

References


DAFTAR REFERENSI

Ahmadin. 2013. “Metode Penelitian Sosial. Makassar: Rayhan Intermedia”

Akhrani, Lusy Asa, Muhammad Afif Alhad, Asalia Najib, Hanna Almira, Chintya Fatima Dewi, Syarifah Ayu Maulida, and Candrika Yolanda. 2020. “Hallo Traveler, How Happy Are You? Psychological Well-Being Traveler Ditinjau Dari Big-Five Personality Dan Traveling Type.” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan 8(2):160–76.

Angguni, Frisye, and Sari Lenggogeni. 2021. “The Impact of Travel Risk Perception in Covid 19 and Travel Anxiety toward Travel Intention on Domestic Tourist in Indonesia.” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) 5(2):241–59.

Harahap, Hamida Syari. 2022. “Memorable Cultural Tourism Experience: Blogger Narrative Analysis Narasi Blogger Indonesia Berbagi Pengalaman Yang Mengesankan Dalam Wisata Budaya.”

Iin Rachmawati, I. R. 2020. “Travelers’ Motivation to Travel Abroad during Covid-19 Outbreak.” Jurnal IJASTE POLTEK Bali 4(1):1–11.

Ikbar, M. Yanuar. 2012. Metode Penelitian Sosial Kualitatif. Bandung: Refika Aditama.

Illyasa, Nauval, and Siti Masitoh. 2019. “A Effects of Media Exposure and My Trip My Adventure Impressions on Interest in Enhancing Nature Conservation.” Metakom 27–37.

Kasmi, Hendra. 2020. “Kajian Majas Pada Artikel Jurnalisme Warga Serambi Indonesia.” Jurnal Metamorfosa 8(2):219–30.

Komara, Endang. 2014. Filsafat Ilmu Dan Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama.

Rahman, Abdul. 2022. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Bandung: CV Widina Media Utama.

Rizki, Muhamad, Tri Basuki Joewono, Dimas B. E. Dharmowijoyo, and Prawira Fajarindra Belgiawan. 2021. “Does Multitasking Improve the Travel Experience of Public Transport Users? Investigating the Activities during Commuter Travels in the Bandung Metropolitan Area, Indonesia.” Public Transport 13:429–54.

Sales Oliveira, Catarina. 2020. “My Trip in My Words: Subjectivities, Time (s) and Mobilities in Slow Travel Blogs.” Time & Society 29(1):223–55.

Soehartono, Irawan. 2000. Metode Penelitian Sosial. Badung: Rosda.


Article Metrics

Abstract view : 106 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.