PERMASALAHAN PENDIDIKAN ANAK NELAYAN MISKIN DI KAMPUNG NELAYAN UNTIA KOTA MAKASSAR

Mentari Dwi Putri Ramadhani ,(1*), Firdaus w Suhaeb(2), Idham Irwansyah Idrus(3),

(1) Program Studi Sosiologi UNM
(2) Program Studi Sosiologi UNM
(3) Program Studi Sosiologi UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/predestinasi.v15i1.33633

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kondisi keluarga nelayan di Kampung Nelayan Untia Kota Makassar. (2) Sikap dan peran orang tua nelayan terhadap pendidikan anak di Kampung Nelayan Untia Kota Makasar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria informan telah ditentukan. Dalam teknik pengumpulan data dilakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta analisis datanya melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Kondisi keluarga nelayan dari segi sosial-ekonomi dari empat indikator yang diukur, didapati masih rendah pada tiga indikator (2) Sikap dan peran orang tua nelayan terhadap pendidikan anaknya terlihat dari tujuh indikator, yakni : (a) Orang tua memiliki wawasan terhadap pendidikan anak, (b) Orang tua menilai pendidikan bagi anaknya penting, (c) Orang tua ingin menyekolahkan anaknya setinggi-tingginya, (d) Adanya kendala orang tua untuk menyekolahkan anaknya, (e) Adanya usaha yang dilakukan orang tua terhadap pendidikan anak. (f) adanya peran orang tua terhadap pendidikan informal (tata krama, etika hingga agamanya), (g) Adanya perencanaan yang dimiliki orang tua untuk pendidikan anak kedepannya.

 



Keywords


Kata Kunci : Permasalahan Pendidikan, Anak Nelayan Miskin, Kampung Nelayan Untia

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adibah, I. Z. (2017). STRUKTURAL FUNGSIONALROBERT K. MERTON: Aplikasinya dalam Kehidupan Keluarga. Jurnal Inspirasi, 1(1), 171–184.

Agung, D. A. G. (2015). PEMAHAMAN AWAL TERHADAP ANATOMI TEORI SOSIAL DALAM PERSPEKTIF STRUKTURAL FUNGSIONAL DAN STRUKTURAL KONFLIK. Jurnal Sejarah Dan Budaya, 2, 162–170.

Basrowi, & Juariyah, S. (2010). Analisis Kondisi Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 7(1), 58–81. https://media.neliti.com/media/publications/17203-ID-analisis-kondisi-sosial-ekonomi-dan-tingkat-pendidikan-masyarakat-desa-srigading.pdf

Dr. Yayat Suharyat, M. P. (2010). HUBUNGAN ANTARA SIKAP, MINAT DAN PERILAKU MANUSIA. Jurnal FKIP : Region, 2(1).

Lantaeda, S. B., Lengkong, F. D. J., & Ruru, J. M. (2017). Peran Badan Prencanaan Pembangunan Daerah Dalam Penyusunan RPJMD Kota Tomohon. Journal Administrasi Publik, 04(048).

Lestari, R. (2018). PROBLEMA PENDIDIKAN ANAK NELAYAN MISKIN : LATAR BELAKANG ORANG TUA NELAYAN TERHADAP PERSEPSI DAN SIKAP ORANG TUA NELAYAN MENGENAI PENDIDIKAN ANAK di BAGAN TAMBAHAN KECAMATAN MEDAN BELAWAN. UNIVERSITAS SUMATERA UTARA.

Megawangi, R. (2001). Membiarkan berbeda : sudut pandang baru tentang relasi gender. Pustaka Belajar.

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. PT. Kalam Mulia.

Ritzer, G. (2014). Teori Sosiologi Modern. (terjemahan: Triwibowo B.S.) (Terjemahan). Kencana Prenadamedia Group.

Ruli, E. (2020). Tugas dan Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143–146. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/428/245

S, M. (2005). Ekonomi Kelautan (1st ed.). PT. Raja Grafindo Persada.

Soekanto, S., & Sulistyowati, B. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar (45th ed.). PT. Raja Grafindo Persada.

Surahman, E. (2013). Problema Pendidikan Anak pada Keluarga Nelayan Studi Kasus: Desa Marga Mulya, Kecamatan Mauk, Tangerang. 5(June), 2012–2013.

Umanailo, & Basrun, M. C. (2019). TALCOT PARSON AND ROBERT K MERTON. https://doi.org/. https://doi.org/10.31219/osf.io/9pmt3

Untia, K. L. (2020). Data Jumlah KK Kelurahan Untia.


Article Metrics

Abstract view : 391 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.