Perilaku Kesehatan Individu Di Sekitar Tempat Pembuangan Sampah Dalam Perspektif Sosiologi

Mauliadi Ramli .(1*),

(1) Universitas negeri makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/predestinasi.v14i2.33320

Abstract


Abstrak

 

Mauliadi Ramli, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui perilaku kesehatan individu yang cenderung dipengaruhi oleh kepercayaan individu terkait kondisi kesehatan yang diinginkan dan untuk mengetahui aspek psikologi dan sosiologi terkait perilaku kesehatan individu pada masyarakat sekitar tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) Tamangapa Antang kota Makassar. Penelitian ini mengambil penelitian jenis deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan sosiologi dan psikologi sosial. Dalam memilih informan tehnik yang dipakai yaitu purposive sampling melalui penentuan kriteria yaitu masyarakat yang tinggal di sekitaran tempat pembuangan sampah antang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah obersevasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta teknik menganalisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa perilaku kesehatan masyarakat sekitar tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) dilihat dari aspek sosiologi dan psikologi yaitu pertama, masyarakat tidak mempermasalahkan dengan kondisi lingkungannya karena sudah terbiasa dengan kehidupan sosial seperti itu. Kedua, informan juga merasa cemas dan khawatir dengan kesehatannya, namun tidak ada pilihan lain kareba pemulung merupakan profesinya untuk mencari nafkah, Ketiga, kebanyakan masyarakat hanya merasakan penyakit ringan seperti flu dan batuk batuk, kemudian mereka mengobatinya dengan membeli obat instan di warung, pilihan untuk ke dokter praktek atau ke Pak mantra adalah pilihan terakhir. Keempat, Informan menjaga kesehatannya dengan mengkonsumsi obat ketika sakit saja, berolahraga dan mengkomsusi makanan sehat adalah hal yang tidak terlalu di pedulikan.

Kata Kunci : Perilaku Sehat, Sosiologi Kesehatan, Tempat Pembuangan sampah.


Keywords


Kata Kunci : Perilaku Sehat, Sosiologi Kesehatan, Tempat Pembuangan sampah.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dharmayanti, I., Tjandrarini, D., Hidayangsih, P. and Nainggolan, O. (2018). Pengaruh Kondisi Kesehatan Lingkungan Dan Sosial Ekonomi Terhadap Kesehatan Mental Di Indonesia. Jurnal Ekologi Kesehatan, 17(2), pp. 64-74. doi: 10.22435/jek.17.2.149.64-74.

Fitrah, M., & Luthfiyah, D. (2017). Metode Penelitian. Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus.

Hidayah, N, A. (2017). Pengertian Perilaku. (online). https://aepnurulhidayat.wordpress.com/2017/09/11/pengertian-perilaku-by-aepnurul-hidayah/. Diakses pada tanggal 24 Oktober 2021.

Holida, Endang. (2021). Hubungan Pengetahuan Tentang Skabies Dan Perilaku Kesehatan Lingkungan Dengan Upaya Pencegahan Skabies Pada Santri Putra. Jurnal Kesehatan, (9)(1), 1-10.

Marimbi, Hanum. (2009). Sosiologi Dan Antropologi Kesehatan. Nuha Medika.

Yogyakarta.

Notoatmodjo. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta : Jakarta.

Rahman , A. (2013). Perilaku Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Jurnal Bina Praja, (5)(4), 215 –220.

Rosmelawati. 2013. Manajemen Pengawasan Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bandung (Studi Deskriptif di Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Kementerian Agama Kabupaten Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia.repository.upi.edu. perpustakaan.upi.edu. hal. 58.

Rompis, Pangenmanan, Gunawan. (2016). Hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang kesehatan gigi anak dengan tingkat keparahan karies anak TK di Kota Tahuna. Jurnal e-gigi, (4)(1),

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung. WHO. 2011. Soil transmitted helminth infections. (online).http://www.who.int/. Diakses pada tanggal 24 Oktober 2021.


Article Metrics

Abstract view : 898 times | PDF view : 165 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.