GAYA HIDUP REMAJA PEREMPUAN PENGUNJUNG PALOPO CITY MARKET

Rahayu . .(1*), Firdaus w Suhaeb(2), Mario S. M(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/predestinasi.v13i1.22758

Abstract


 

ABSTRAK

 

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui (1) Apa sajakah faktor remaja perempuan sering berkunjung ke Palopo City market. (2) Bagaiman gaya hidup remaja perempuan yang sering berkunjung ke Palopo City Market.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan penetuan subjek penelitian melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, yang digunakan untuk memperoleh data secara konkret yang berkaitan dengan permasalahan dalam penelitian ini. Data yang di peroleh dalam penelitian ini di analisis dengan analisis kualitatif.

Hasil dari penelitian gaya hidup remaja perempuan pengunjung palopo city market yaitu (1). Faktor penyebab remaja perempuan sering berkunjung ke palopo city market yaitu: faktor internal pengalaman, kepribadian, konsep diri dan motif. Dan faktor eksternal yaitu kelompok referensi, keluarga, kelas sosial, dan kebudayaan. (2). Gaya hidup remaja perempuan yang sering berkunjung ke palopo city market ditinjau dari segi aktivitas, minat dan opini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori hyperreality Jean baudrillard

 

Kata kunci: Gaya Hidup, Remaja, Hyperreallity

 

ABSTRACK

 

            This study aims to determine (1) what are thefacts that teenage girls often visit Palopo City Market (2) how the lifestyle of teenage girls who often visit Palopo City Market.

            This type of research is qualitative research through purposive sampling technique. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation, which were used to obtain concrete data related to problems  in this study. The data obtained in this study were analyzed by qualitative analysis.

            The results of research on the lifestyle of young women visitors to Palopo City Market (1) the factors that cause young women to frequently visit Palopo City Market , namely: internal factors namely experience, personality, self-concept and motives. And external factors, namely reference groups, family, social class, and culture. (2) the lifestyle of young women who frequently visit Palopo City Market in terms of activities, interests, and opinions. The theory used in this research is the Hyperreality Jean Baudrillard

Keywords: lifestyle, teens, and hyperreality


Keywords


Kata kunci: Gaya Hidup, Remaja, Hyperreallity

References


DAFTAR PUSTAKA

Adhitya Dwitama Kabalmay, Yudi. 2017. Café Addict: Gaya Hidup Remaja Perkotaan (Studi Kasus Pada Remaja di Mojokerto). Surabaya: Universitas Airlangga.

Aulia Rahmani Bernata, Ratu. 2017. Gaya Hidup Hedonis Di Kalangan Remaja. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Compony profile city market palopo. Diaskes pada 25 April 2020

Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hariwijaya, M. 2007. Metodologi dan Teknik Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Elmatera Publishing.

Mahyuddin. 2017. Social Climber dan budaya pamer: paradox gaya hidup masyarakay kontemporer. Jurnal kajian islam interdisipliner (2):117-135.

Martono, Nanang. 2015. Sosiologi Perubahan Sosial: Prespektif klasik, modern, postmodern, dan psikolonial. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA

Palopokota.go.id. diaskes pada 30 April 2020

Patricia,Nesa Lydia & Handayani, Sri. 2014. Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif pada Pramugari Maskapai Penerbangan “X”. Jurnal Psikologi 12 (1):10-17.

Prasetyo, Yanto. 2017. Gaya Hidup dan ShoppingAddiction. Jurnal Psikologi Indonesia (6): 121-128

Ritzer, George. 2014. Teori Ssoisologi Modern Edisi Ketujuh. Jakarta: Prenadamedia Group.

Paloma, Margareth M. 2000. Sosiologi Kontemporer. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan

R&D). Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Bagong. 2017. Sosiologi Ekonomi Kapitalisme dan konsumsi di era Masyarakat Post-Modernisme. Jakarta: KENCANA.


Article Metrics

Abstract view : 144 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.