PERILAKU NONGKRONG ANAK MUDA DI CAFE (STUDI PADA PELANGGAN COFFEE SHOP KEDAI RAKYAT DI WATAMPONE)

Widiawati. .(1*), Idham Irwansyah(2), mario SM(3),

(1) unm
(2) unm
(3) unm
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/prd.v5i1.53168

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pemilihan coffee shop Kedai Rakyat sebagai tempat aktivitas nongkrong anak muda di Watampone dan bentuk perilaku konsumtif dalam aktivitas nongkrong anak muda pelanggan coffee shop Kedai Rakyat di Watampone. Dalam mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa : (1) latar belakang pemilihan coffee shop Kedai Rakyat ditentukan oleh faktor kenyamanan berupa pelayanan yang cepat (reliability), keramahan karyawan (empaty), jam operasional, serta jaminan rasa, dan dilatar belakangi oleh  Faktor aktualisasi diri (2) Bentuk perilaku konsumtif anak muda pelanggan Kedai Rakyat mengarah pada tindakan impulsif buying yaitu pembelian spontan dan secara tiba-tiba, melalui ajakan dari teman kelompok tanpa melalui pertimbangan rasional terlebih dahulu. Perilaku non rational buying anak muda pelanggan Kedai Rakyat mengarah kepada pembelian yang didasari oleh faktor kesenangan sebagai bentuk pelampiasan rasa jenuh, bosan dari berbagai masalah yang dihadapi. Perilaku Wastafel Buying anak muda pelanggan Kedai Rakyat mengarah kepada pembelian yang dilakukan secara berulang, dengan jumlah yang berlebihan, dimana pendapatan tidak selaras dengan pengeluaran yang digunakan ketika nongkrong.

 

 


Keywords


Kata kunci : Perilaku nongkrong, perilaku konsumtif, Coffee Shop.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alfirahmi, A. (2019). FENOMENA KOPI KEKINIAN DI ERA 4.0 Ditinjau dari Marketing 4.0 dan Teori Uses and Effect. LUGAS Jurnal Komunikasi, 3(1), 24–32. https://doi.org/10.31334/ljk.v3i1.410

Baudrillard, P. J. (2004). MASYARAKAT KOMSUMSI (Pertama). KREASI WACANA.

Fauzi, A., Punia, I. N., & Kamajaya, G. (2017). Budaya Nongkrong Anak Muda di Kafe (Tinjauan Gaya Hidup Anak Muda di Kota Denpasar). Jurnal Ilmiah Sosiologi (SOROT), 3(5), 1–3. https://ojs.unud.ac.id/index.php/sorot/article /view/29665

Ghony, M. DJunaidi & Fauzan, A. (2017). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. AR- RUZZ MEDIA.

Mufarizzaturrizkiyah, Aziz, A., Leliya, & Jaelani, A. (2020). E-Commerce Perilaku gaya hidup komsumtif mahasiswa muslim Survey pada Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. http://repository.syekhnurjati.ac.id /id/eprint/4169

Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN KUALITATIF (Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif) (Y. S. Suryandari (ed.); ketiga). AlFABETA.

Suyanto, B. (2013). SOSIOLOGI EKONOMI (Pertama). KENCANA.

Sztompka, P. (2004). SOSIOLOGI PERUBAHAN SOSIAL (Pertama). KENCANA.


Article Metrics

Abstract view : 59 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.