PERSAINGAN GAYA HIDUP HEDONIS REMAJA DI DUSUN PATEKKONG KECAMATAN MASALLE KABUPATEN ENREKANG

Samsiar . ,(1), Ashari Ismail ,(2*), Mario S.M ,(3),

(1) Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(2) Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(3) Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/prd.v4i2.44656

Abstract


ABSTRAK

 

 

SAMSIAR. 2022. Persaingan Gaya Hidup Hedonis Remaja di Dusun Patekkong Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang. Skripsi. Program Studi Sosiologi, Jurusan Sosiologi-Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum,Universitas Negeri Makassar, “bapak Ashari Ismail sebagai pembimbing I dan Mario, sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk (1). Mengetahui faktor-faktor apa yang Menyebabkan Persaingan Gaya Hidup Hedonis Remaja di Dusun Patekkong Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang. (2). Untuk mengetahui bagaimana Dampak Persaingan Gaya Hidup Hedonis Remaja di Dusun Patekkong Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang. Penelitiannya berikut menerapkan metode kualitatif dengan analisis deskritif. Penelitiannya dilaksanakan pada Dusun Patekkong Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang. Teknik pengumpulan datanya yang dipergunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi serta instrument penelitian. Teknik analisis datanya adalah suatu langkah yang dilakukan seorang peneliti mengolah data menjadi suatu informasi maka datanya tersebut mudah dimengerti.Hasil penelitian menunjukan bahwa (1). Hasil analisis menunjukkan Faktor-faktor yang menyebabkan Persaingan Gaya Hidup Hedonis Remaja di Dusun Patekkong Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang terbagi menjadi dua faktor yakni faktor internal maupun eksternal. Faktor Internal (sikap, motif serta kepribadian) bersumberi dari dalam dirinya seseorang serta akan melibatkan orang lain dalam berbagai aktivitas yang tidak akan memberikan imbalan nyata kecuali berupa kesenangan dan kepuasan karena melakukan aktivitas tersebut. Faktor Eksternal (Keluarga, dan kelas sosial). (2). Dampak Persaingan Gaya Hidup Hedonis Remaja di Dusun Patekkong Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang. Dampak ialah sesuatu yang menyebabkan akibat, benturannya cukup kuat, maka menyebabkan perubahan. Dampaknya yang ditimbulkan gaya hidup hedonisdi Dusun Patekkong, diantaranya: Gengsi, Perubahan Identitas, dan Citra negatif.

Kata kunci: Persaingan, Gaya hidup, Hedonis


Keywords


Kata kunci: Persaingan, Gaya hidup, Hedonis

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ohy, G., Kawung, E. J., & Zakarias, J. D. (2020). Perubahan Gaya Hidup Sosial Masyarakat Pedesaan Globalisasi di Desa Rasi Kecamatan Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara. Holistik.

Doloy, F., Tasik, F. F. C. T., & Mokalu, B. J. (2020). Kajian Gaya Hidup Hedonisme Masyarakat Desa Tateli Tiga Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa. HOLISTIK, JournalOfSocialandCulture.


Article Metrics

Abstract view : 74 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.