Trend Belanja Online Dikalangan Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum Universitas Negeri Makassar

Irmayanti . ,(1), Ashari Ismail ,(2*), Mario S M ,(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/prd.v4i2.44654

Abstract


ABSTRAK

Irmayanti 2022, Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui bagaimana trend belanja online di kalangan mahasiswi fakultas ilmu sosial Universitas Negeri Makassar; 2) Untuk mengetahui bagaimana dampak dari trend belanja online dikalangan mahasiswi fakultas ilmu sosial Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana penentuan subjek menggunakan Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan jika 1) Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar berbelanja secara online karena berbagai kemudahan yang ditawarkan mulai dari kelengkapan produk, kualitas serta harga yang terjangkau. Faktor-faktor yang mendukung adanya trend ini adalah faktor sosial yakni rekomendasi dari keluarga dan teman-teman; faktor budaya yaitu trend hidup serba modern yang mengedepankan sistem yang lebih praktis yang ada di  online shop; faktor pribadi yakni gaya hidup dan kondisi ekonomi serta; faktor psikologi yakni keyakinan jika aktivitas berbelanja online lebih baik; 2) Dampak dari trend belanja online ini terhadap mahasiswa adalah perilaku konsumerisme yang mendorong mereka terus-menerus membeli suatu produk secara online; selain itu, terjadi perubahan gaya hidup diantara para mahasiswa.

 


Keywords


Kata Kunci: Tren, Belanja Online, Konsumersime, Gaya Hidup

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik E-Commerce 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Isnawati. (2019). Online Shop (Studi Kasus Budaya Komsumtif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar). Jurnal, Universitas Muhammadiyah Makassar, 1–103.

Muna, F. N. (2019). Pengaruh Pembelian Online Dan Pembelian Offline Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada 3Second Yogyakarta). Skripsi, Universitas Islam Indonesia, 1–110.

Suharfin, P. (2018). Analisis Faktor Yang Mendorong Belanja Online Pada Mahasiswa Di Kota Medan. Skripsi, Universitas Sumatera Utara, 1–98.

Suhartini. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motif Belanja Secara Online Di Komunitas Kaskus Semarang. Skripsi Universitas Diponegoro, 1–129.


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.