TRANSFORMASI AKSES DATA DAN INFORMASI SEJARAH DALAM MENGUATKAN LEGACY MELALUI SEJARAH PUBLIK DI LUWU’ TIMUR

Andi Ima Kesuma(1*),

(1) Pendidikan Antropologi UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/prd.v2i2.34191

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetui Sejarah publik mampu menguatkan identitas lokal dari suatu komunitas tertentu karena di dalamnya terekam memori kolektif masa lalu dari lokalitas tertentu seperti masyarakat Luwu’ Timur. Dimana sejarah publik dengan pendekatan ini biasnaya berupa proyek-proyek yang digerakkan oleh universitas, akademisi dan sejarawan. Meskipun demikian, proyek riset dalam pelaksanaannya biasanya melibatkan masyarakat untuk penelitian kesejarahan. Terkhusus di Luwu Timur selama ini sudah sering dilakukan sinergisitas multipihak merupakan kunci utama dalam pengembangan sejarah publik namun dalam konteks yang lebih maksimal konsistensi dan intensitas sangat perlu Memori kolektif ini bisa berupa cerita rakyat yang nantinya akan disimpan baik. Sejarah publik juga berusaha untuk memberikan makna pada tempat-tempat bersejarah seperti pelestarian situs-situs sejarah, bangunan dan benda-benda bersejarah lainnya. Berkaitan dengan hal ini, konsep tourisme sejarah dan wisata sejarah sangat sesuai. Hal untuk dapat mengomunikasikan akses data dan informasi sejarah Luwu’ Timur kepada publik seperti Digitalisasi Sejarah, Museum dan Pamerannya, komunitas, arsipan, arkeologi public, turisme Pariwisata Pusat Warisan Budaya di Luwu Timur.

Kata Kunci: Sejarah Publik, Pengembangan sejarah, Akses Data

 


Keywords


Kata Kunci: Sejarah Publik, Pengembangan sejarah, Akses Data

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Adikampana, I, M. (2017). Pariwisata Berbasis Masyarakat. Denpasar: Cakra Press.

Adi S, W. & Edy, P. S. (2017). Potensi Daya Tarik Wisata Sejarah Budaya. Prosiding Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis.

Amboro, Kian. (2020). Sejarah Publik dan Pendidikan Sejarah Bagi Masyarakat. Jurnal HISTORIS Vol. 5, No. 1, Juli 2020, hal. 29 – 40.

Angela, N & M. Gafar Y. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Oleh Komunitas Historia Indonesia. Jurnal Prologia, Vol. 3, No. 2, Desember 2019, hal 393-400.

Armiyati, L & Dede, W, F. (2020). Belajar Sejarah di Museum: Optimalisasi Layanan Edukasi Berbasis Pendekatan Partisipatori. Jurnal Artefak Vol. 7 No. 2 September 2020: Universitas Galuh.

Ardhana, I. K. (2017). Sejarawan dan Sejarah Publik: Tantangan dan Peluangnnya dalam Konteks Historiografi Indonesia. Makalah Disampaikan pada Seminar Sejarah Nasional di Universitas Udayana 17 April 2017.

Handoko, W. (2008). Arkeologi Komunitas: Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Penelitian Arkeologi di Indonesia (Sebuah Pendekatan untuk Wilayah Penelitian di Maluku). Jurnal Kapata Arkeologi Vol. 4 Nomor 7/ November 2008.

Hartatik. (2014). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Sumberdaya Arkeologi: Sebuah Retrospeksi). Jurnal Naditira Widya, Vol. 8, No. 2/2014: Balai Arkeologi Banjarmasin.

Wirawan, Yerry. (2017). Teknologi Digital dan Studi Sejarah. Makalah Disajikan pada Acara Seminar Dies Natalis ke – 24 Fakultas Sastra Universitas Sanatha Dharma Yogyakarta pada 26 April 2017.

https://www.google.co.id/search?q=gambar+jumlah+pengguna+media+sosial+di+indonesia


Article Metrics

Abstract view : 80 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.