STRATEGI BERJUALAN PEDAGANG KAKI LIMA DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN DITENGAH PANDEMI COVID-19 PASCA NEW NORMAL LIFE DI KAWASAN LINGKAR SELATAN KOTA MATARAM

Hendra Kusuma Hartiadi(1*), Siti Nurjanah .(2), Khalifatul Syuhada Syuhada .(3),

(1) Universitas Mataram
(2) Universitas Mataram
(3) Universitas Mataram
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/prd.v2i2.32300

Abstract


ABSTRAK

            Kemunculan wabah pandemi  covid-19 di Indonesia telah banyak memberikan perubahan baik dari segi sosial, ekonomi maupun budaya, dikarenakan adanya kebijakan dari pemerintah Republik Indonesia yang menerapkan kebijakan baru yang mengatur terkait dengan pengendalian wabah pandemi  covid-19.  Penelitian ini bertujuan mengetahui perubahan periaku konsumen, kemudian mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan pedagang kaki lima dalam menghadapi perubahan perilaku konsumen ditengah pandemi covid-19 pasca new normal di Kawasan Lingkar Selatan Kota Mataram serta peran pemerintah dalam memberikan berbagai bentuk bantuan melalui Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pedagang kaki lima di Lingkar Selatan kemudian konsumen yang sedang melakukan aktivitas di kawasan tersebut. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori Pertukaran dari Hommans kemudian Pilihan Rasional dari Coleman sebagai analisis hasil penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perubahan yang dilakukan oleh konsumen merupakan respon yang dilakukan dari perubahan kondisi lingkungan akibat dampak dari pandemi covid-19. perubahan kondisi lingkungan akibat dari pandemi covid-19 menyebabkan munculnya berbagai bentuk perubahan yang dilakukan konsumen antara lain 1). Berkurangnya aktivitas ekonominya 2). Mengedepankan kebutuhan pokok 3). Intensitas penerapan protokol kesehatan meningkat. Strategi yang dilakukan oleh pedagang kaki lima bertujuan untuk menarik kembali minat konsumen di lapaknya. Strategi yang dilakukan oleh pedagang kaki lima antara lain adalah 1). Menerapkan protokol kesehatan saat berjualan 2). Menurunkan harga barang jualan 3). Menyediakan protokol kesehatan. pemerintah melalui Dinas Perdagangan Kota Mataram memberikan bantuan untuk menunjang usaha pedagang kaki lima ditengah pandemi covid-19 dengan bantuan yang diberikan berupa uang tunai, gerobak etalase kemudian sembako.

 

Keywords: Strategi, Pedagang kaki lima, Pandemi Covid-19, New Normal Life

 

 


Keywords


Keywords: Strategi, Pedagang kaki lima, Pandemi Covid-19, New Normal Life

References


Reference

Moleong, J. Lexy 2015.Metode Penelitian Kualitatif. Bandung PT Remaja Rosdakarya

Murfidin dan Mahmud 2011”produksi Modern. Jakarta : Bumi Aksara

Poerwanda, Ari. 1998. Pendekatan kualitatif dalam penelitian psikologi. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Ritzer, George. 2014. Teori Sosiologi Modern Edisi Ketujuh. Prenadamedia Grup

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif,kualitatif dan R&D. Bandung

Alfabeta.

Zeitlin, M. 1995. “Memahami Kembali Sosiologi Kritik Terhadap Teori Sosiologi Kontemporer”. Jogjakarta Gajah Mada University Press

Sumber Artikel Jurnal

Adisasmita “Mengenal Konsep New Normal“ (Https://Indonesia.Go.Id) Diakses Pada Tanggal 10 Desember 2020.

Davina “Merasakan Dampak Corona Penghasilan Pelaku UMKM Menurun Drastis”(Https://Www.Kompas.Tv) Diakses Pada Tanggal 10 November 2020.

Fakhrudin. Muhamad “Kasus Positif Covid 19 Di NTB Menurun “(Https://Www.Republika.Co.Id) Diakses Pada Tanggal 23 Maret 2021.

Gustiner “ Konsep dan pengertian kenyamanan kolbaca” ( www.Gustiner.com) di akses pada tanggal 10 september 2021

Hernawardi “New normal Di NTB Patuhi Protocol Covid-19” (Https://Www.Gatra.Com) Diakses Pada Tanggal 10,November,2020.

Idham, Adi 2020 “Update Corona 3 April 2020:Data Covid-19 Terbaru Indonesia Dan Dunia”(Https://.Tirto.Id) Diakses Pada Tanggal 11.November.2020


Article Metrics

Abstract view : 227 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.