Strategi Nafkah Keluarga Pa’Taksi Di Dusun Bakke, Kecamatan Ganra, Kabupaten Soppeng.

Akbar . ,(1*), Firdaus w Suhaeb(2), Muhammad Syukur .(3),

(1) Sosiologi Universitas negeri Makassar
(2) Sosiologi Universitas negeri Makassar
(3) Sosiologi Universitas negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/prd.v2i2.32296

Abstract


ABSTRAK

AKBAR, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk strategi nafkah keluarga Pa’Taksi di Dusun Bakke, Kecamatan Ganra, Kabupaten Soppeng, dan bagaimana dampak sosial ekonomi dari strategi nafkah yang dilakukan keluarga Pa’Taksi di Dusun Bakke, Kecamatan Ganra, Kabupaten Soppeng. Penelitian ini mengambil penelitian jenis deskriptif kualitatif. Dalam memilih informan tehnik yang dipakai yaitu purposive sampling melalui penentuan kriteria yaitu telah berprofesi sebagai Pa’Taksi minimal selama 3 tahun, Pa’Taksi yang tidak memiliki lahan pertanian, dan keluarga keluarga Pa’Taksi di Dusun Bakke. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah obersevasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta teknik menganalisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Dari dilapangan ditemukan bahwa: (1) Bentuk strategi nafkah keluarga Pa’Taksi meliputi tiga bentuk yaitu : (a) rekayasa sumber nafkah, pada startegi ini keluarga Pa’Taksi memanfaatkan teknologi yakni motor taksi serta menambah tenaga kerja yakni kelompok Pa’Taksi dan gabah yang dihasilkan dari lahan pertanian. (b) pola nafkah ganda, keluarga Pa’Taksi melakukan penambahan pekerjaan seperti menjadi buruh tani, sopir mobil, pedagang dan peternak, serta ikut membantu kepala keluarga dalam mencari nafkah seperti istri, (c) migrasi bentuk strategi yang dilakukan Pa’Taksi mereka berpindah daerah untuk mendapatkan penghasilan baik secara permanen maupun non-permanen. (2) Dampak sosial ekonomi dari strategi nafkah keluarga Pa’Taksi yang dapat dilihat dari tiga aspek yakni: (a) pendidikan, pada sektor ini kebanyakan dari informan yang memiliki anak masih bersekolah baik ditingkat SD, SMP, dan SMA (b) pekerjaan, dampak yang dirasakan pada sektor ini bersifat positit dan negatif, adapun positifnya yaitu  keluarga Pa’Taksi melakukan strategi nafkah agar dapat memenuhi kebutuhan hidup dengan penghasilan yang didapatkan meskipun Pa’Taksi merupakan pekerjaan musiman serta pekerjaan ini sangat membantu petani yang memilki lahan dalam mengangkut hasil panennya (gabah) sedangkan dampak negatifnya para Pa’Taksi mendapatkan teguran dari warga sekitar karena suara kenalpot yang bising dan membawa motor dengan kecepatan tinggi, (c) pendapatan, adapun penghasilan yang didapatkan dengan berprofesi sebagai Pa’Taksi dalam satu kali panen sebanyak 8 juta sampai 15 juta, sedangkan untuk pekerjaan sampingannya sebagai buruh tani 5 juta sampai 12 juta sekali panen, pedagang 500 – 1 juta, dan sopir 1 juta.

Kata Kunci : Strategi Nafkah, Pa’Taksi, Kondisi Hidup.


Keywords


Kata Kunci : Strategi Nafkah, Pa’Taksi, Kondisi Hidup.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Budiyanti, I., & Dharmawan, A. H. 2018. Strategi Nafkah Dan Relasi Sosial Rumahtangga Petani Tebu (Studi Kasus: Desa Jenar, Kecamatan Jenar, Sragen). Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], Vol: 2, h: 106.

Clara, E, & Wardani, A.A.D. 2020. Sosiologi Keluarga. UNJ Press: Jakarta Timur.

Fridayanti, Novia Dan Dharmawan, Arya Hadi. 2013. Analisis Struktur Dan Strategi Nafkah Rumahtangga Petani Sekitar Kawasan Hutan Konservasi Di Desa Cipeuteuy, Kabupaten Sukabumi. Jurnal Sosiologi Pedesaan, Vol:1, h: 26-36.

Irwansyah, Idham., Mario., Dan Wijaya, Zulham. 2019. Solidaritas Pa’Taksi Di Desa Tetewatu Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Prosiding Seminar Nasional Lp2m Unm – 2019. 680.

Kasi Pemerintahan, 2020. Profil Kecamatan Ganra. Kabupaten Soppeng.

Kasi Pemerintahan, 2021. Laporan Jumlah Penduduk Kecamatan Ganra Bulan Maret Tahun 2021. Kabupaten Soppeng.

Kurnianto, Bambang Tri. 2017. Dampak Sosial Ekonomi Masyarakat Akibat Pengembangan Lingkar Wilis Di Kabupaten Tulungagung. Jurnal Agribisnis Fakultas Pertanian Unita. 10-13.

Latifa, dkk. 2017. Rasionalitas Orang Tua Dalam Pengambilan Keputusan

Jurusan Kuliah Anak Melalui Analisis Teori Pilihan

Rasional James S. Coleman (Universitas Sebelas Maret). Jurnal Ilmiah Pend. Sos. Ant. Vol: 8, h: 4.

Lestari, D. 2017. Strategi Pemenuhan Kebutuhan Hidup Keluarga Sopir Angkutan Barang (Studi Pada Sopir Angkutan Barang Di Pt. Sekarsindo Sejahtera Harapan Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan).

Lujinggan, Fajar Arum Novia Dan Harianto, Sugeng. 2020. Pilihan Rasional Petani Dalam Mengelola Lahan Hutan. Jurnal Mahasiswa Unesa. 9, 8.

Monografi Desa Ganra, 2020. Profil Desa. Kabupaten Soppeng.

Puwanto, N. A. 2007. Pendidikan Dan Kehidupan Sosial. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 7(1).

Sekretaris Desa Ganra, 2021. Profil Desa Ganra. Kabupaten Soppeng.

Sekretaris Desa Ganra, 2021. Visi dan Misi Desa Ganra. Kabupaten Soppeng.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Susiolo, R. K. D. 2020. Pilihan Rasional Individu Menikah Pada Usia Dini Di Kabupaten Trenggalek. Publicio: Jurnal Ilmiah Politik, Kebijakan dan Sosial, Vol: 2, h: 2-3.

Syamsuddin. 2018. Cahaya Hidup Pengasuhan Keluarga. Wade Group. Ponorogo Jwawa Timur.

Turama, Rizqi Akhmad. 2018. Formulasi Teori Fungsionalisme Struktural Talcott Parsons. Eufoni, Vol:2, h:66.

Undang-Undang RI Nomor 52 Tahum 2009, Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.


Article Metrics

Abstract view : 184 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.