Penerapan Model Pembelajaran berdiferensiasi Dan Multiliterasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Khusnul Khatima(1*), Syamsiah D Syamsiah D(2), Nur Santy Abidin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Tamalanrea 4
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa hal tersebut disebabkan karena model pembelajaran yang tidak efektif dan tidak terarah serta bersifat pasif. Berdasarkan permasalahan tersebut model Pembelajaran Berdiferensiasi dan multiliterasi memiliki kolaboarasi model yang sangat cocok untuk perkembangan usia anak sekolah dasar, metode ini sangat tepat diterapkan karena kombinasi model yang digunakan cocok diaplikasikan kepada siswa kelas V sebagai peralihan kelas rendah ke kelas tinggi. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan minat belajar siswa di Kelas V UPT SPF SD Inpres Tamalanrea 4 Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Tamalanrea 4 Kota Makassar yang berjumlah 25 Orang siswa yang terdiri dari laki-laki 14 orang dan perempuan 11 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I terdapat minat belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata berada pada 63-81 dengan persentase 43% kategori berminat. Sedangkan pada siklus II terdapat minat belajar dengan nilai rata-rata berada pada 82-100 dengan persentase 60% kategori sangat berminat. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Pembelajaran berdiferensiasi dan Multilterasi dapat meningkatkan minat belajar Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Tamalanrea 4 Kota Makassar

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2015. Pembelajaran Multiliterasi (Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan). Bandung: PT. Refika Aditama.

Anita Dwi A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Anak Usia Dini. Cirebon. IAIN Syekh Nurjati

Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta

Rusmiati. 2017. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al-Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi. Vol 1 No. 1 Hal. 21-36. JIPE

Susanto Ahmad. 2019. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group

Sutarna Nana, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Vol 5 No. 2. 2018. JPPD

Undang-Undang Dasar No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional

Wahyuni S. (2013). Penarapan model pembelajaran Pembelajaran Berdiferensiasi untuk meningkatkan ketrampilan pemecahan masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar,1(2), 1-10


Article Metrics

Abstract view : 6 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats