Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas Siswa (PBAS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V

Lutfiah Muchtar(1*), Bastiana Bastiana(2), Rahmaweda Rahmaweda(3),

(1) PPG PGSD Universitas Negeri Makassar
(2) Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar/ Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Negeri Gunung Sari I
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis aktivitas siswa (PBAS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V UPT SPF SDN Gunung Sari I. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Teknik dan pengumpulan data yaitu: observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V sebanyak 19 orang yang terdiri dari 9 laki-laki dan 10 perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai pelaksana tindakan dan guru sebagai observer. Teknik analisis data adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan pencapaian ketuntasan hasil belajar siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pencapaian ketuntasan hasil belajar pada siklus II berada pada kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran berbasis aktivitas siswa (PBAS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V UPT SPF SDN Gunung Sari.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Ahmad, Susanto. 2014.Teori Belajar dan Pembelajaran di SekolahDasar.Jakarta: Kencana

Anggraini, Efri. 2019. “Hasil, Peningkatan, Belajar Siswa, Dalam Pelajaran, MenggunakanMetode, Eksperimen Kelas”. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro.

Dewi, Santi. 2017. “Strategi Pembelajaran Yang Berorientasi Pada Aktivitas Siswa”. Prodising Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial

Dwijayani, N. M. 2019. “Development of Circle Learning Media to Improve Student Learning Outcomes.” Journal of Physics: Conference Series 1321(2):171–87. doi: 10.1088/1742- 6596/1321/2/022099

Fathoni, A. (2019). Abdul Hafid Rahman. Wawasan Pendidikan.

Muhyidin, S. dan. (2012). Pendidikan Islam Berbasis Problem Social. Ar- Ruzz Media.

Rismonika, Rani Septiana, muhammad Rusli. 2020. “Implementasi Model Pembelajaran Online/ Daring Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas Vi Mi Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Tahun Pelajaran 2019/2020.” 123.

Riyanto, Yatim. 2012. “Paradigma Baru Pembelajaran”. Kencana Prenada J a k a rt a:Media Group

Sanjaya, Wina. 2016. “Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan”.

Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 34 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats