Penerapan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V Sekolah Dasar.

Musdalifah Misnahwati PH(1*), Abdul Rahman(2), Mentari Nurul Suci(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri 47 Tompotikka Kota Palopo
(*) Corresponding Author



Abstract


Studi ini menelaah penerapan pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika kelas V SD Negeri 47 Tompotikka.  Pendekatan  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Setting penelitian ini dilaksanakan di sekolah SD Negeri 47 Tompotikka Kota Palopo pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru kelas dan 29 siswa kelas SD Negeri 47 Tompotikka Kota Palopo. Rancangan tindakan dalam penelitian ini terdiri  dari  dua  siklus  masing-masing  siklus  terdiri  dari  tahap  perencanaan,  pelaksanaan,  observasi,  dan refleksi.  Teknik  pengumpulan  data  dilakukan  melalui  observasi,  tes,  dan  dokumentasi.  Data  yang  terkumpul dianalisis  dengan  menggunakan  analisis  kualitatif.  Hasil  observasi  aktivitas  mengajar  guru  pada  siklus  I dengan  presentase  68,22%,  meningkat menjadi  94,82%  pada  siklus  II.  Untuk  aktivitas  peserta didik  pada  siklus  68,22% meningkat menjadi 94,82% pada siklus II. Adapun hasil belajar peserta didik  juga meningkat dari 37,39%  pada siklus I  meningkat  menjadi  79,31%  pada  siklus  II.  Jadi  disimpulkan bahwa  dengan  menerapkan  Pendekatan  TaRL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik  kelas SD Negeri 47 Tompotikka Kota Palopo.


Full Text:

PDF

References


Ahyar, D. (2022). Impplementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatkan Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. Ilmu, JIIP (Jurnal Ilmiah Pendidikan), 5(11), 5241-5246.

Ansar, & Rahmah, N. (2023). Penerapan Model PjBL Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 289–304. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.213

Atmojo, H. B. R., Lian, B., & Mulyadi, M. (2021). Peran Kepemimpinan dan Profesional Guru Terhadap Perbaikan Mutu Pembelajaran. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 744–752.

Camelia, Alfiandra, Faisal, E. El, Setiyowati, R & Sukma, U. R. (2022). Pendampingan dan Pengenalan Kurikulum Merdeka Bagi Guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (2), 2022.

Damayanti. (2022). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 6 (5).

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar ((Cetakan k). Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4 (1), 180–189.


Article Metrics

Abstract view : 276 times | PDF view : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats