Penerapan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V Sekolah Dasar.
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri 47 Tompotikka Kota Palopo
(*) Corresponding Author
Abstract
Studi ini menelaah penerapan pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika kelas V SD Negeri 47 Tompotikka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Setting penelitian ini dilaksanakan di sekolah SD Negeri 47 Tompotikka Kota Palopo pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru kelas dan 29 siswa kelas SD Negeri 47 Tompotikka Kota Palopo. Rancangan tindakan dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I dengan presentase 68,22%, meningkat menjadi 94,82% pada siklus II. Untuk aktivitas peserta didik pada siklus 68,22% meningkat menjadi 94,82% pada siklus II. Adapun hasil belajar peserta didik juga meningkat dari 37,39% pada siklus I meningkat menjadi 79,31% pada siklus II. Jadi disimpulkan bahwa dengan menerapkan Pendekatan TaRL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas SD Negeri 47 Tompotikka Kota Palopo.
References
Ahyar, D. (2022). Impplementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatkan Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. Ilmu, JIIP (Jurnal Ilmiah Pendidikan), 5(11), 5241-5246.
Ansar, & Rahmah, N. (2023). Penerapan Model PjBL Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 289–304. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.213
Atmojo, H. B. R., Lian, B., & Mulyadi, M. (2021). Peran Kepemimpinan dan Profesional Guru Terhadap Perbaikan Mutu Pembelajaran. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 744–752.
Camelia, Alfiandra, Faisal, E. El, Setiyowati, R & Sukma, U. R. (2022). Pendampingan dan Pengenalan Kurikulum Merdeka Bagi Guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (2), 2022.
Damayanti. (2022). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 6 (5).
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar ((Cetakan k). Jakarta: Rineka Cipta.
Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4 (1), 180–189.
Article Metrics
Abstract view : 79 times |Refbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats