Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V

Srikarlah Tangkesalu Pakan(1*), Latri Aras(2), Jenianti Rambulangi'(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SDN 2 Kesu'
(*) Corresponding Author



Abstract


Pembelajaran IPA masih menggunankan model konvensional yang cenderung berpusat pada guru, sehingga suasana pembelajaran menjadi membosankan dan kurang bermakna. Akhirnya berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Model pembelajaran Mind Mapping  mempersyaratkan siswa untuk aktif mencari pengetahuannya sendiri. Tujuan penelitian yangn hendak dicapai adalah untuk mengetahui pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA melalui model Mind Mapping di kelas V SDN 2 Kesu’. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang dilaksankan secara kolaboratif dengan guru. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa SDN 2 Kesu’ terdiri dari 11 perempuan dan 14 laki-laki. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan alokasi waktu untuk masing-masing pertemuan adalah 2x35 menit. Teknik pengumpulan data penggunaan observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Mind Mapping. Penerapan model pembelajaran Mind mapping dalam pembelajaran IPA pada siklus I dengan nilai presentase klasikal 40% dan pada siklus II mencapai nilai presentase 88%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping pada materi IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN 2 Kesu’.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, dkk, 2014. Penelitian Tindakan Kelas: Jakarta: PT Bumi Aksara.

Anitah, 2012. Media Pembelajaran: Jakarta Pusat: PT Yuma Pustaka

Alfionita, fera. 2017 Meningkatkan Keaktifan Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping. Skripsi. Makale: Program Sarjana Universitas Kristen Indonesia Toraja

Hamalik, 2016. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Kunandar, 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Noor Juliansyah, 2011. Metodologi Penelitian: Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Suhartono Suparlan. 2011. Pemberdayaan Pendidikan Sekolah. Universitas Negeri Makassar

Sapriati, dkk. 2012. Pembelajaran IPA DI SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Syuri, Ita dan Nurshasana. 2011. IPA Aktif Untuk SD Kelas V. Jakarta: Erlangga

Sanjaya Wina, 2014. Penelitian pendidikan: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sanjaya Wina, 2015. Penelitian Pendidikan: Jakarata: Prenadamedia Group.

Trianto,2010. Model Pembelajaran terpadu: Jakarta: Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 21 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats