Penerapan Model Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V

Gilang Ramadhan(1*), Sri Wahyuni Asti(2), Muhammad Fitri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V UPT SPF SD Inpres BTN IKIP II. Tujuan dari penelitian ini untuk untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika merupakan nilai hasil tes yang diperoleh berdasarkan hasil tes setiap siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V UPT SPF SD Inpres BTN IKIP II dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang yang terdiri dari 5 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes, Selanjutnya data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Pada hasil tes siklus pertama, terdapat 3 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar dan 7 orang siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar. Hasil tes pada siklus kedua menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa yaitu terdapat 9 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar dan 1 orang siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres BTN IKIP II.

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika; Model Pembelajaran Make a Match


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali, M. (2009). Pendidikan untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia yang Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi. Jakarta: Grasindo.

Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2351

Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Bundu, P. (2016). Asesmen Pembelajaran: Untuk Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar. Padang: Hayfa Press.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Darmawati. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Siswa Kelas V di SD Negeri 36 Mannyampa Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika, (Online),

Vol. 3 No.1, http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/4305, (diakses 28 Agustus 2023).

Riantika, F. (2016). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 2 Metro Selatan. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Riyanti, N. N., & Abdullah, M. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A

Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. JPGSD, (Online), Vol.

No.4, http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian- pgsd/article/view/23607, (diakses 01 September 2023).

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science).

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK KELISTRIKAN OTOMOTIF SMK DI KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Vokasi. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B., & Nurdin, M. (2013). Belajar Dengan Pendekatan PIAKEM: Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Wafi, M. S. (2016). Pedoman Cerdas Matematika SMA. Depok: Huta Publisher. Yunita.


Article Metrics

Abstract view : 127 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats