Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Kooperatif NHT Menggunakan Media Misyu Catung
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Campagaloe II
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui model aplikasi Pembelajaran kooperatif tipe Numbered head Together digunakan misyu catung media, siswa kelas V SD Inpres Campagaloe II. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan masing-masing 2 siklus. Siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran Matematika melalui Misyu Catung Media. Setelah menggunakan media misyu catung di kelas V, sebanyak 20 siswa pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 75% dengan rata-rata 73. Kemudian pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 95% dengan rata-rata 73. Kemudian pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 95% dengan rata-rata 90,55. Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui media Misyu Catung di Kelas V SD Inpres Campagaloe II dapat ditingkatkan.
References
Adjie, N., Putri, S. U., & Dewi, F. (2021). Improvement of Basic Math Skills Through Realistic Mathematics Education (RME) in Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1647–1657. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1832
Agustianingrum, H., & Setiawan, Y. (2021). Pengembangan Game Math-Venture Terhadap Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349_6356.
Audia, C., Yatri, I., Aslam, Mawani, S., & Zulherman. (2021). Development of Smart Card Media for Elementary Students. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012114
Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781
Elendiana, M., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran NHT dan Model Pembelajaran STAD Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 228–237. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.932
Jahring, J. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Pada Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending dan Numbered Head Together. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 182–189. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2667
Lisiswanti, R. (2013). Keyword: refleksi, profesionalisme, dosen 1. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 3.
Maulidah, A. N., & Aslam, A. A. (2021). Penggunaan Media Puzzle secara Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Mimbar Ilmu, 26(2), 281. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37488
Moelyani, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Amal Pendidikan, 1(3), 192. https://doi.org/10.36709/japend.v1i3.11932
Shofa, A.-N. A., & Azizah, U. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 522–530. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.522-530
Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Sd. Jurnal Basicedu, 2(1), 135–139. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.34
Vivi Muliandari, P. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517
Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quick on The Draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187–197. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p187-197
Yaniawati, P., Maat, S. M., Supianti, I. I., & Fisher, D. (2022). European Journal of Educational Research. European Journal of Educational Research, 11(1), 69–81.
Article Metrics
Abstract view : 9 times |Refbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats