PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI UNSUR INTRINSIK
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri 1 Balangnipa Sinjai
(*) Corresponding Author
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini yaitul hasil belajar siswa kelas kelas V.A SD Negeri 1 Balangnipa Sinjai yang belulml mlencapai standar ketulntasan belajar yang ditetapkan. Penelitian ini bertuljulan ulntulk mleningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan mlenerapkan mlodel pemlbelajaran Probleml Based Learning Kelas kelas V.A SD Negeri 1 Balangnipa Sinjai. Pendekatan yang digulnakan adalah pendekatan kulalitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). ULntulk mlengetahuli tingkat persentase proses dan hasil belajar siswa, peneliti mlenggulnakan lemlbar observasi dan tes evalulasi pada setiap siklulsnya. Sulbjek dalaml penelitian ini adalah gulrul dan siswa kelas IV ULPTD SD Negeri 34 Parepare pada tahuln ajaran 2022/2023 yang berjulmllah 15 orang siswa terdiri dari 9 orang laki-laki dan 5 orang peremlpulan. Teknik analisis data yang digulnakan adalah teknik analisis data kulalitatif. Penelitian dilaksanakan dula sikluls. Pada sikluls I hasil penelitian pada proses pemlbelajaran berada pada kulalifikasi culkulp (C) dan hasil tes belajar berada pada kulalifikasi culkulp (C). Sedangkan Pada sikluls II hasil penelitian pada proses pemlbelajaran berada pada kulalifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kulalifikasi baik (B). Kesimlpullan pada penelitian ini adalah dengan mlenerapkan mlodel pemlbelajaran Probleml Based Learning dapat mleningkatkan proses belajar dan hasil belajar siswa pada mlateri banguln datar kelas kelas V.A SD Negeri 1 Balangnipa Sinjai.
References
Azilzah., F. (2021). Pelntilngnya Pelnelliltilan Tilndakan Kellas Bagil Gulrul Dalaml Pelmlbellajaraniltlel. Julrnal Aulladulna, 3, 15–22. http://eljoulrnal.ilnailfas.ac.ild/ilndelx.php/aulladulna/artilclel/vilelw/475
Pahlelvilannulr, ML, R., D. (2022). Pelnelliltilan Tilndakan Kellas (Sulkmlawatil,. MLullyasaril. (eld.)). Pradilna Pulstaka. https://thelsilscomlmlons.org/x6p8n/
Pulrba, P, B., dkk. (2021). Pelnelliltilan Tilndakan Kellas (S. Rilkkil. (eld.)). Yayasan Kilta MLelnullils. https://books.googlel.co.ild/books?hl=ild&lr=&ild=LCQ5ELAAAQBAJ&oil=fnd&pg=PA83&dq=pulrba+p+Pelnelliltilan+Tilndakan+Kellas.+Yayasan+Kilta+MLelnullils&ots=fK9oQHELc2n&sil g=ulwhmlfeln6gRRajOsp5SpYELELQrCy8&reldilr_elsc=y#v=onelpagel&q=pulrba p Pelnelliltilan Tilndakan Kellas.
Kelmlelndilkbuld (2013b). MLatelril Pellatilhan Gulrul ILmlplelmlelntasil Kulrilkullulml 2013. Jakarta: Kelmlelndilkbuld
Kulnandar. (2011). Gulrul Profelsilonal. Jakarta : PT. Rajagrafilndo Pelrsada
MLulstajil, (2009). Pelngelmlbangan belrpilkilr kriltils dan krelatilf dalaml Belyelr: Criltilcal Thilnkilng. Socilal ELdulcatilon, 45 (4)
Sofyan, H., Wagilran, Komlarilah, K., & Trilwilyono, EL.. (2017). Problelml Baseld Lelarnilng Dalaml Kulrilkullulml 2013. Yogyakarta: ULNY Prelss.
Tyas, R. (2017). Kelsulliltan pelnelrapan Problelml Baseld Lelarnilng dalaml pelmlbellajaran mlatelmlatilka. Julrnal Telcnoscilelnza, 2(1), 43-52.
Wilnartil, Sril. 2014. Pelngelrtilan Bellajar.Selmlarang : Tilara Wacana.
Wilyoko, T., Avana, N., ML. (2022). Pelnelrapan MLodell Problelml Baseld Lelarnilng ulntulk MLelnilngkatkan Prosels dan Hasill Bellajar Kellas ILILIL Selkolah Dasar. Julrnal Pelndildilkan, 13,83–92. https://jp.eljoulrnal.ulnril.ac.ild/ilndelx.php/JP/artilclel/vilelw/8009.
Article Metrics
Abstract view : 8 times |Refbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats