Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD

Ayu Amalia Rhamdani(1*), Bastiana Bastiana(2), Ismail Ismail(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN Centre Mangalli
(*) Corresponding Author



Abstract


Mengatasi rendahnya hasil belajar dapat dilakukan dengan menerapkan model  pembelajaran yang tepat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V Sekolah Dasar dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi pengamatan dan tes. Teknik analisis  data menggunakan perhitungan persentase. Hasil yang diperoleh pada siklus I di penelitian ini yaitu 67,7% yang mengindikasikan adanya permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran, guru belum secara maksimal menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dalam proses pembelajaran sehingga siswa masih merasa asing dengan penerapan model tersebut dan memperoleh hasil belajar dibawah KKTP atau <68 sehingga disimpulkan perlu dilanjutkan ke siklus II. Pada pelaksanaan siklus II guru sudah mampu memaksimalkan penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dalam proses pembelajaran sehingga mampu membangkitkan semangat siswa dan membuat siswa terlibat aktif dalam diskusi maupun belajar mandiri. Pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 87,1% dan dapat disimpulkan bahwa penerepan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belaja Matematika siswa kelas V di SDN Centre Mangalli

References


Guslinda., & Gustami W., (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Tunjuk Ajar, 1(1), 1-13.

Lutfiana, Dian. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika SMK Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310-319.

Magfirah, Arinal., et al. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 9-18.

Maman, Suryaman. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. 13-28.

Manik, et al. (2022). Tantangan Menjadi Guru Matematika dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Masa Pandemi Omicron Covid-19. EDUMASPUL Jurnal Pendidikan, 6(1), 328-332.

Nabila, Nasrin. (2021). Konsep Pembelajaran Matematika SD berdasarkan Teori Kognitif Jean Piaget. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 69-79.

Sediasih. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Make A Match pada Mata Pelajaran PKN Di Kelas V SDN Karyawangi 2. JPSD, 3(1), 74-81

Wicaksono, Dirgantara., Iswan. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. HOLISTIKA Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 111-126.

Wijayanarko, Yudi. (2017). Model Pembelajaran Make A Match Untuk Pembelajaran IPA yang Menyenangkan. Jurnal Taman Cendekia, 1(1), 52-59.

Yesiana, et al. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus IV Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2016/2017. Mimba PGSD, 6(3), 1-11.

Zawil, Ratna. (2016). Using Make A Match Technique To Teach Vocabulary. English Education Journal (EEJ), 7(3), 311-328.


Article Metrics

Abstract view : 32 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats