Penerapan Model Pembelajaran Dicovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Karateristik Wujud Benda

Nurjanna Julianti(1*), Syamsuryani Eka Putri Atjo(2), Muhammad Nur Maallah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Muhammadiya Pare-Pare
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan pada penelitian ini yaitu hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN 53 Parepare yang belum mencapai standar ketuntasan belajar yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasill belajar silswa denlganl menlerapkanl model pembelajaranl Dilscovery Learnlilnlg. Penldekatanl yanlg dilgunlakanl adalah penldekatanl kualiltatilf danl jenlils penleliltilanl adalah penleliltilanl tilnldakanl kelas (PTK). Pelaksanlaanl tilnldakanl penleliltilanl ilnlil dillakukanl dalam 2 silklus dilawalil kegilatanl pra-penleliltilanl kemudilanl pada setilap silklus terdilril 4 tahapanl melilputil perenlcanlaanl, pelaksanlaanl, observasil, danl refleksil. Unltuk menlgetahuil tilnlgkat persenltase proses danl hasill belajar silswa, penleliltil menlggunlakanl lembar observasil danl tes evaluasil pada setilap silklusnlya. Subjek dalam penleliltilanl ilnlil guru danl silswa kelas ILV yanlg berjumlah 20 oranlg silswa terdilril 10 oranlg lakil-lakil danl 10 oranlg perempuanl. Anlalilsils data dillakukanl selama danl sesudah penlgumpulanl data. Teknlilk anlalilsils data yanlg dilgunlakanl adalah teknlilk anlalilsils data kualiltatilf. Berdasarkanl data yanlg dilperoleh selama pelaksanlaanl silklus IL danl silklus ILIL dilperoleh hasill penleliltilanl pada silklus IL berada pada kategoril cukup, danl terjadil penlilnlgkatanl pada silklus ILIL yanlg berada pada kategoril bailk serta menlcapail ilnldilkator yanlg telah diltetapkanl. Silmpulanl penleliltilanl ilnlil denlganl menlerapkanl model Dilscovery Learnlilnlg dapat menlilnlgkatkanl proses belajar danl hasill belajar silswa pada materil karaterilstilk wujud benlda kelas ILV UPTD SDNL 53 Parepare.

Full Text:

PDF

References


Dewi, P. Y. A., Kusumawati, N., Pratiwi, E. N., Sukiastini, I. G. A. N. K., Arifin, M. M., Nisa, R., … Masnur. (2021). Teori dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Djabba, R., & Halik, A. (2019). Penerapan Model Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9.

Fardhilah, N. (2019). Memahami Unsur, Senyawa Dan Campuran. Jawa Tengah: Alprin.

Halik, A., Ilmi, N., & Azis, A. (2021). Penerapan Model Pemebelajaran Somatic Audiotory Visual Intelectual untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 1 Parepare. Seminar Nasional Hasil Penelitian.

Halik, A., Israwaty, I., & Monalisa. (2019). Penerapan Metode Directed Reading Thingking Activity ( Drta ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn 65 Parepare Practice Of Directed Reading Thingking Activity ( Drta ) Method To Improve Study Result Of Indonesian Learning St. Jurnal Nalar Pendidikan, 7.

Hasan, K., & Nurjannah. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Soppeng. Pinisi Journal Of Educ, 1(2), 81–92.

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Khadijah, S. A., Hasan, K. H., & Pasinggi, Y. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Kabupaten Pinrang. Pinisi Journal Of Education, 1.

Mardiyah, A., Pasinggi, Y. S., & Shasliani. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individually ( TAI ) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pinisi Journal Of Education, 1(1).

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625.

Novita, L., & Novianty, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran. JTIEE, 3(1), 46–53.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Paryanto. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Pelajaran Passing dalam Permainan Bola Voli. Malang: Ahlimedia Press.

Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4, 102–111.

Ramdani, Damayanti, R., & Raihani, S. S. (2021). Proses & Inovasi Pembelajaran SD. Bogor: Universitas Djuanda Bogor.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Subair, A., Lukman, & Shasliani. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining ( Sfae ) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V UPTD SDN 145 Barru. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. (n.d.).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jawa Barat: Adab (CV. Adanu Abitama).


Article Metrics

Abstract view : 19 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats