PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DICOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KARATERISTIK WUJUD BENDA
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Muhammadiya Pare-Pare
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Dewi, P. Y. A., Kusumawati, N., Pratiwi, E. N., Sukiastini, I. G. A. N. K., Arifin, M. M., Nisa, R., … Masnur. (2021). Teori dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Djabba, R., & Halik, A. (2019). Penerapan Model Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9.
Fardhilah, N. (2019). Memahami Unsur, Senyawa Dan Campuran. Jawa Tengah: Alprin.
Halik, A., Ilmi, N., & Azis, A. (2021). Penerapan Model Pemebelajaran Somatic Audiotory Visual Intelectual untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 1 Parepare. Seminar Nasional Hasil Penelitian.
Halik, A., Israwaty, I., & Monalisa. (2019). Penerapan Metode Directed Reading Thingking Activity ( Drta ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn 65 Parepare Practice Of Directed Reading Thingking Activity ( Drta ) Method To Improve Study Result Of Indonesian Learning St. Jurnal Nalar Pendidikan, 7.
Hasan, K., & Nurjannah. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Soppeng. Pinisi Journal Of Educ, 1(2), 81–92.
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Khadijah, S. A., Hasan, K. H., & Pasinggi, Y. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Kabupaten Pinrang. Pinisi Journal Of Education, 1.
Mardiyah, A., Pasinggi, Y. S., & Shasliani. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individually ( TAI ) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pinisi Journal Of Education, 1(1).
Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625.
Novita, L., & Novianty, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran. JTIEE, 3(1), 46–53.
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Paryanto. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Pelajaran Passing dalam Permainan Bola Voli. Malang: Ahlimedia Press.
Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4, 102–111.
Ramdani, Damayanti, R., & Raihani, S. S. (2021). Proses & Inovasi Pembelajaran SD. Bogor: Universitas Djuanda Bogor.
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.
Subair, A., Lukman, & Shasliani. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining ( Sfae ) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V UPTD SDN 145 Barru. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. (n.d.).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jawa Barat: Adab (CV. Adanu Abitama).
Article Metrics
Abstract view : 6 times | PDF view : 1 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats