Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Apriliani Muharramah(1*), Hartoto Hartoto(2), Syulfiana Syulfiana(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN 156 Paria
(*) Corresponding Author



Abstract


Masalah yang muncul selama pembelajaran di kelas V adalah bahwa prosesnya terlalu berpusat pada guru yang mengakibatkan hasil pembelajaran yang didapatkan oleh peserta didik kurang maksimal. Peserta didik menunjukkan minat saat kegiatan pembelajaran dan peserta didik terlalu monoton sehingga hanya duduk mendengarkan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan Problem Based Learning (PBL) berbantuan Mulitimedia sebagai upaya dalam peningkatan minat belajar peserta didik. Metode penelitian menggunakan penelitian ttindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas V SDN 156 Paria sebanyak 12 orang dengan rincian 6 siswa laki-laki serta 6 siswa perempuan. Prosedur penelitian terbagi dalam dua siklus, di mana siklus pertama (siklus I) dan siklus kedua (siklus II) yang mencakup empat tahap, antara lain perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi,dan catatan lapangan. Hasil observasi diperoleh yaitu hasil rata-rata minat belajar siswa di siklus I diperoleh 50%, terjdi peningkatan di siklus II diperoleh 81,26%. Hasil penelitian membuktikan jika minat siswa dalam belajar bisa mengalami peningkatkan ketika menerapkan model pembelajaran berbasis masalah yang sesuai.


Full Text:

PDF

References


Anggreini, S. W., A, pian, Y, Dkk. 2021. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(6).

Ariyani, B., & Kristin, F. 2021. “Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5 (3):353–61.

Azizah, U. 2022. “Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II SDN Bawuran.” Jurnal Pendidikan Indonesia 3(9):861–69.

Dwi, N. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Evolusi.” Journal of Natural Sciences Learning 2(2):23–29.

Kholifah, S., Purwanti, S., & Purwanti, E. n.d. “Upaya Peningkatan Pemahaman Dan Minat Belajar Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Siswa Kelas 3 SDN 9 Langkahan Tahun Ajaran 2020/2021.”

Rahmasari, R. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD.” Basic Education 5(36):3–456.

Saputro, Eko S. 2021. “Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).” Journal of Teacher Professional 3(3):281–89.

Yani, N. L. E., Sedana, M., & Tristaningrat, M. A. N. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 3 Bantiran.” Widajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD 1(2):28–29.


Article Metrics

Abstract view : 12 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats